Tips & Trik

Merasa iPhone Lebih Lelet? Ketahui 7 Tandanya

Cahyandaru Kuncorojati    •    Jumat, 29 Dec 2017 15:04 WIB
tips dan trik teknologi
Merasa iPhone Lebih Lelet? Ketahui 7 Tandanya
Apple mengakui membuat lambat alias lelet seri iPhone terdahulu agar performa baterainya tidak menurun sehingga iPhone memiliki masa hidup yang lebih panjang.

Jakarta: Apple sengaja memperlambat kinerja beberapa iPhone terdahulu dengan tujuan agar kualitas komponen baterai di dalamnya masih berjalan dengan baik dan terhindar dari beragam masalah.

Hal ini mengundang rasa kesal bagi beberapa pengguna iPhone, meskipun alasannya yang sebenarnya tidak buruk. Alhasil hal tersebut berakibat banyak pengguna iPhone yang dihantui rasa cemas.

Mengutip CNET, hari ini Apple sudah mengeluarkan keterangan resmi bagi pengguna iPhone untuk mengetahui iPhone milik termasuk dalam perangkat yang dengan sengaja dibuat lelet oleh Apple agar kualitas baterainya terjaga.

Berikut adalah beberapa pertanda iPhone Anda termasuk yang ikut dibuat lelet oleh Apple.

1. Aplikasi yang Anda ingin gunakan memakan waktu lebih lama saat dibuka. 

2. Tampilan di layar iPhone Anda sering tersendat atau patah-patah saat menggeser halaman yang ditampilkan bahkan saat menggesar tampilan homescreen.

3. Tingkat kecerahan layar iPhone tidak lagi terang seperti biasanya.

4. Volume suara dari loud speaker iPhone Anda terasa tidak senyaring dulu. Untuk mengetahui coba Anda kecilkan volume suara, apakah sebelum volume terkecil suaranya sudah tidak terdengar atau sangat pelan sekali dibandingkan pengaturan yang Anda pilih.

5. Tingkat frame rate layar menurun, hal ini biasanya terasa saat memainkan game, pergerakan game di layar tidak berbarengan dengan kendali permainan atau gerakan yang Anda buat saat bermain game.

6. Lampu flash pada iPhone tidak bisa digunakan saat dalam mode kamera.

7. Proses backgorund app refreshing yang Anda biasa lakukan di iPhone terasa lebih lama ketimbang biasanya.

Dalam keterangan yang diberikan Apple juga dicantumkan beberapa aspek iPhone yang tidak terkenam imbas dari keputusan Apple membuat iPhone membuat lelet. Di antaranya adalah kualitas layanan seluler, kualitas foto dan video, kualitas akurasi GPS, sensor-sensor di dalamnya dan fitur Apple Pay.

Apabila iPhone Anda mengalami problem pada aspek yang barusan disebutkan, kemungkinan besar iPhone tersebut memiliki masalah serius di luar imbas Apple membuat iPhone menjadi lelet.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.