Tips & Trik

Cara Simpan Google Doodle Secara Offline

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 12 Feb 2018 22:21 WIB
googletips dan trik teknologi
Cara Simpan Google Doodle Secara Offline
Begini cara menyimpan konten bergerak di fitur Google Doodle.

Jakarta: Google menggunakan cara menarik guna mengingatkan pengguna mesin pencariannya terkait kejadian penting yang terjadi di tanggal tertentu, salah satunya kemunculan teknologi baru di tanggal tersebut, via fitur bertajuk Doodle.

Fitur ini menampilkan gambar terkait dengan tokoh pada logonya di mesin pencarian. Namun tidak hanya berbentuk gambar statis, terkadang Google Doodle hadir berupa game. Sayangnya, Google Doodle memiliki waktu tayang terbatas, sebelum akhirnya dihapus.

Anda dapat melakukan hal berikut untuk dapat menyimpan gambar unik tersebut dan memainkan konten berformat interaktif di saat yang diinginkan, dengan melakukan sejumlah langkah berikut, meski hanya berfungsi di dekstop dan via Internet Explorer.

1. Kunjungi halaman Archive Google dan pilih doodle yang ingin Anda simpan secara offline.

2. Buka Google Doodle yang ingin disimpan secara offline, klik kanan, dan pilih This Frame, kemudian Show Only This Frame. Hal ini akan menampilkan doodle di tab yang sama, kemudian salin URL. Dapat dilakukan di Chrome, langkah ini lebih mudah jika dilakukan di Firefox.



3. Akses Internet Explorer, paste URL yang telah disalin di bar alamat dan akses, dan biarkan doodle termuat.

4. Tekan tombol ALT untuk menampilkan bar menu Internet Explorer.

5. Akses menu File, lalu Save as. Sebagai alternatif, Anda juga dapat menggunakan shortcut keyboard CTRL+S untuk menampilkan jendela Save.



6. Pada jendela Save, akses menu dropdown Save as type, dan pilih format Web archive, kemudian simpan doodle. Konten akan disimpan bersamaan dengan ekstensi MHT dan hanya dapat dibuka di Internet Explorer.



7. Akses file dan Anda akan dapat memainkan doodle tersebut.

Namun, doodle berupa game tidak dapat menyimpan nilai yang Anda peroleh serupa versi online. Jika tidak ingin menggunakan Internet Explorer untuk memainkan game Google Doodle, Anda harus mencari aplikasi desktop yang berkemampuan memuat dan memainkan game.

Sayangnya hingga saat ini, belum tersedia aplikasi atau ekstensi andal di Chrome atau Firefox yang dapat memainkan game ini. Sehingga Anda masih harus menggunakan Internet Explorer untuk memainkan game Google Doodle.

Semoga berhasil!


(MMI)

Redmi 5 Plus, Tambah Plus Dibandingkan Saudaranya
Review Smartphone

Redmi 5 Plus, Tambah Plus Dibandingkan Saudaranya

1 week Ago

Pakai embel Plus, Redmi 5 Plus membawa beberapa peningkatan dibandingkan saudaranya yang dirili…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.