Tips & Trik

Cara Mudah Membuat Cover Photo Menarik di Facebook

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 06 Mar 2017 15:07 WIB
tips & trik
Cara Mudah Membuat Cover Photo Menarik di Facebook
Membuat cover photo Facebook kini tidak sulit

Metrotvnews.com, Jakarta: Salah satu fitur yang menarik di Facebook adalah Anda bisa menaruh foto untuk dijadikan cover photo di halaman profil. Cover photo memang mencerminkan identitas, dan Anda bisa mengekspesikan diri melalui fasilitas ini.

Sayangnya, cover photo di Facebook memiliki format ukuran tertentu, sehingga Anda tidak bisa menggunakan sembarang foto terutama jika Anda menginginkan foto tersebut tampil dengan komposisi yang pas dan menarik.

Sebenarnya, Anda bisa membuat cover photo sendiri menggunakan software pengolah gambar seperti Adobe Photoshop. Cukup buat canvas baru dengan ukuran 831 x 362 pixel, dan Anda tinggal menambahkan berbagai elemen desain ke canvas tersebut sesuai dengan keinginan Anda. Masalahnya, tidak semua orang bisa mengoperasikan software pengolah gambar tersebut.

Bagi Anda yang ingin membuat cover photo Facebook dengan lebih mudah, ada beberapa situs yang menawarkan layanan untuk membuat cover photo Facebook dengan lebih mudah. Salah satu situs tersebut adalah Canva yang menawarkan layanan pembuatan cover photo secara gratis.

Di Canva, Anda bisa membuat cover photo unik melalui beberapa langkah singkat berikut ini:

1. Kunjungi situs Canva (https://www.canva.com/create/facebook-covers/) lalu pilih "Start Designing a Facebook Cover".



2. Daftarkan diri jika belum memiliki akun Canva, atau gunakan fitur pendaftaran melalui Facebook atau akun Google. Kemudian, pilih "Personal Use" jika Anda ingin membuat cover untuk halaman Facebook pribadi.



3. Sebuah layar akan muncul untuk memandu Anda mendesain cover photo Facebook. Langkahnya cukup singkat dan yang tidak akalah penting, Anda bisa langsung membuat cover photo dengan mudah melalui template desain gratis yang telah tersedia.



4. Setalah mendesain, Anda bisa untuh hasil kreasi tersebut melalui tombol "Download" yang berada di pojok kanan atas layar. Gambar akan tersimpan dalam format PNG dan bisa langsung digunakan sebagai cover photo.



Ada beberapa hal yang menarik di layanan Canva kali ini. Situs ini menyediakan banyak sekali template desain gratis. Selain itu, Canva juga sangat mudah digunakan dan desainnya mudah diutak-atik.

Anda bisa mengubah ukuran gambar, huruf, serta warnanya. Terdapat juga berbagai jenis background yang bisa Anda gunakan, bahkan Anda juga bisa mengunggah foto sendiri secara langsung.

Canva juga bisa diakses menggunakan ponsel, namun agar lebih leluasa dalam mengotak-atik desainnya kami sarankan Anda untuk menggunakan PC atau tablet yang memiliki layar lebih lebar.


(MMI)