Tips & Trik

Anda Bisa Buat Album Spesial di Facebook, Begini Caranya

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 28 Aug 2017 18:45 WIB
media sosialfacebooktips dan trik teknologi
Anda Bisa Buat Album Spesial di Facebook, Begini Caranya
Featured Album bisa membuat profil Facebook Anda terlihat lebih menarik. (Bloomberg via Getty Images)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketika Anda pergi berlibur bersama teman atau keluarga, tentunya Anda akan mengambil banyak foto untuk mengabadikan momen tersebut. Untuk memastikan foto-foto itu tidak hilang, Anda bisa mengunggahnya ke media sosial. 

Melalui Featured Albums dari Facebook, Anda bisa membuat album foto digital bersama teman Anda. Dengan begitu, Anda bisa memastikan bahwa kenangan momen penting Anda tidak akan hilang. Ini cara untuk membuat Featured Albums di Facebook. 

Melalui Facebook Web di komputer
Pertama, masuk ke halaman profil Facebook Anda. Anda bisa melakukan ini dengan mengklik nama Anda yang terletak di sebelah tulisan "Home". Setelah itu, gulirkan layar ke bawah sampai Anda menemukan bagian bernama "Featured Albums" di sebelah kiri, di bawah bagian daftar teman Facebook Anda. 



Anda akan masuk ke bagian Photos. Klik tombol "New Album" untuk membuat album foto baru. Setelah memilih foto-foto yang ingin Anda masukkan ke album -- jika masih ada yang kurang Anda bisa menambahkannya lagi nanti -- Anda akan bisa memasukkan informasi terkait album yang hendak Anda buat, seperti nama album, deskripsi, dan lokasi. 



Di sebelah kiri, Anda akan menemukan opsi "Let Friends Add Photos". Klik bagian kotak untuk menambahkan kontributor untuk album. Anda cukup mengetikkan nama teman yang ingin Anda jadikan kontributor. Sementara di sebelah kanan bawah, di sebelah kiri tombol Post, Anda akan menemukan opsi tentang siapa saja yang bisa melihat album yang hendak Anda unggah. 



Jika Anda ingin menampilkan Featured Album ke dalam profil, Anda harus membuat album sendiri, tanpa kontributor dan membuat album itu berada dalam pengaturan Public. Untuk memasukkan Featured Album ke dalam profil, Anda bisa masuk kembali ke album yang baru Anda buat via bagian foto dan mengklik tombol "Feature on Profile". 

Melalui aplikasi di smartphone
Anda juga bisa membuat Featured Album melalui aplikasi smartphone. Sama seperti cara di atas, pertama, Anda harus masuk ke bagian profil. Lalu, gulirkan ke bawah sampai Anda menemukan bagian "Featured Albums" yang terletak di bawah kotak untuk membuat status.

Setelah itu, Anda akan diminta untuk menuliskan nama album, deskripsi (jika mau) dan menentukan siapa saja yang bisa melihat foto-foto dalam album yang hendak Anda buat. Secara default, Facebook akan membuat album berada dalam keadaan Public, itu artinya, semua orang akan bisa melihat foto-foto yang Anda unggah. 



Melalui aplikasi, Anda juga bisa memilih untuk mengaktifkan opsi "Feature on Profile". Jika fitur ini aktif, maka semua orang yang mampir ke profil Facebook Anda akan bisa melihat album tersebut. Namun, fitur ini hanya bisa aktif jika Anda tidak memiliki kontributor dalam membuat album ini. 

Sementara mengaktifkan "Add Contributor" akan memungkinkan Anda untuk menambahkan nama teman yang bisa ikut memasukkan foto/video ke dalam album. Namun, jika ada kontributor, Anda tidak akan bisa membuat album tersebut muncul pada bagian atas profil Anda. 

Seperti yang disebutkan oleh Addictive Tips, Featured Album yang muncul pada profil akan secara otomatis terus muncul pada bagian atas profil. Ini bisa Anda gunakan sebagai cara untuk menunjukkan kepribadian Anda pada profil publik. 


(MMI)

Video /