Tips & Trik

Foto Profil Facebook Anda Bisa Bergerak, Caranya?

Cahyandaru Kuncorojati    •    Rabu, 01 Nov 2017 09:53 WIB
facebooktips dan trik teknologi
Foto Profil Facebook Anda Bisa Bergerak, Caranya?
Tampilan foto profil yang bergerak menggunakan foto berformat GIF.

Metrotvnews.com, Jakarta: Orang beranggapan bahwa apa yang dilihat di media sosial mencerminkan pemilik media sosial tersebut. Akhirnya, setiap pengguna media sosial berlomba untuk menampilkan halaman profil Facebook semenarik mungkin.

Salah satunya adalah lewat foto yang dipergunakan untuk profil. Foto yang hanya memperlihatkan wajah memang menarik, dan sebetulnya ini masih bisa dibikin lebih menarik lagi dengan menyematkan foto bergerak atau animasi singkat yang disebut GIF.



GIF adalah format grafis berupa animasi dengan durasi yang sangat singkat. Kebetulan Facebook mengizinkn penggunanya untuk menggunakan gambar dengan format GIF sebagai foto profil akun Facebook. Permasalahannya tidak semua orang mengerti cara membuat gambar atau foto menjadi format GIF oleh sebab itu Facebook sudah menyediakan fitur yang bisa langsung diakses dari Facebook.

Berikut cara membuat foto atau gambar GIF di foto profil Facebook Anda dari Metrotvnews.com.

1.Buka halaman profil Facebook Anda
Untuk menggunakan fitur foto atau gambar GIF sebagai foto profil Facebook, Anda harus membuka aplikasi Facebook. Jangan membukanya dari peramban atau browser, sebab fitur ini nantinya akan mengandalkan integrasi aplikasi dengan kamera depan perangkat smartphone Anda. 



Jadi pastikan Anda mengunduh atau memiliki aplikasi Facebook di perangkat. Jika sudah, buka halaman profil Facebook Anda. Kini waktunya Anda mengetahu cara membuat foto atau gambar berformat GIF untuk foto profil FAcebook Anda.

2. Pilih foto profil yang Anda gunakan saat ini
Pada halaman profil Facebook Anda, tekan foto profil yang Anda gunakan saat ini. Biasanya di bagian sudut kanan bawah foto profil Anda akan ada tulisan 'edit'. Pilih menu 'edit' untuk memunculkan menu penggantian foto profil Facebook.



Pada menu yang sudah muncul  Anda akan melihat pilihan bertuliskan 'take a new profile video'. Profile video yang dimaksud adalah video berdurasi singkat berupa foto atau gambar berformat GIF. Pilih menu tersebut dan Anda akan dialihkan ke halaman pembuatan GIF.

3. Rekam aksi Anda
Anda akan ditampilkan ke halaman dimana wajah Anda akan terlihat di layar aplikasi Facebook secara real time. Pada tampilan tersebut akan terlihat antarmuka aplikasi yang menyerupai proses perekamana video menggunakan kamera depan.



Ketika pengguna menekan tombol merah atau rekam yang ada di bagian tengah, aplikasi Facebook secara otomatis merekam aksi Anda untuk durasi kurang dari 30 detik. Apabila sudah, simpan foto tersebut sebagai foto profile seperti Anda biasanya memasang foto profil untuk Facebook.

Hasil rekaman tadi nantinya akan menjadi foto profile video Facebook dalam bentuk GIF yang akan diputar atau bergerak berulang-ulang pada kotak foto profil Facebook Anda.

Sayangnya, hasil foto profil bergerak akun Facebook Anda hanya bisa dilihat oleh mereka yang mengakses atau berada di halaman profil Facebook. Foto profil Anda tidak akan terlihat bergerak pada halaman lain seperti di timeline atau newsfeed, mengingat ukuran foto setiap akun Facebook di halaman tersebut akan jauh lebih kecil lagi.




(MMI)

Gandeng Google, Lenovo Ciptakan Smart Display untuk Rumah Pintar
CES 2018

Gandeng Google, Lenovo Ciptakan Smart Display untuk Rumah Pintar

5 hours Ago

Lenovo Smart Display menghadirkan layanan asisten digital Google Assistant dalam bentuk layar s…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.