Tips & Trik

Ada Tombol Fn di Keyboard, Apa Fungsinya?

Cahyandaru Kuncorojati    •    Senin, 05 Mar 2018 16:10 WIB
tips dan trik teknologi
Ada Tombol Fn di Keyboard, Apa Fungsinya?
Tombol Fn pada keyboard.

Jakarta: Apakah Anda pernah menemukan tombol di baris terbawah keyboard yang tertera tulisan "Fn"? Tombol ini lumrah ditemui pada setiap keyboard yang ada di PC maupun laptop.

"Fn" sendiri merupakan singkatan dari kata function atau fungsi. Fungsi tombol Fn adalah mengakses perintah yang tertanam di perangkat atau hardware. Jadi ketimbang Anda menggunakan mouse dan melakukan beberapa langkah, tombol Fn bisa mempercepat langkah yang harus dilakukan.

Apakah Anda masih bingung? Misalnya, Anda menemukan tombol lain di keyboard yang tertera sebuah ikon speaker yag diserta tanda panah ke atas atau ke bawah. Berarti tombol tersebut memiliki fungsi mengecilkan atau membesarkan volume suara.

Untuk menggunakan tombol tersebut, Anda tidak bisa hanya menekan tombol tadi, melainkan Anda harus menekannya bersama-sama dengan tombol Fn. Hal ini berlaku untuk beberapa fungsi lainnya.

Jadi pertama Anda harus menekan tombol Fn, selama menekan tombol tersebut Anda harus menekan tombol fungsi lainnya sesuai dengan keinginan Anda.

Contoh lain, tombol yang tertera ikon berupa matahari atau lampu dengan tanda panah ke atas atau ke bawah. Tombol tersebut biasanya diartikan memiliki fungsi untuk menurunkan dan meningkatkan tingkat kecerahan layar monitor.

Setiap tombol fungsi biasanya memiliki posisi yang berbeda-beda pada PC maupun laptop, serta ikon yang berbeda namun mirip dan mudah dimengerti penggunanya. Satu hal yang pasti, fungsi umum pada perangkat selalu diletakkan pada jajaran tombol F1-F12.

Deretan tombol F1-F12 sudah memiliki fungsi mandiri, tapi ada juga fungsi tambahan yang bisa digunakan dengan terlebi dahulu menekan tombol Fn. Fungsi yang bisa digunakan dengan tombol Fn biasanya tertera di keyboard dengan ikon yang ukurannya lebih kecil.

Beberapa fungsi umum yang harus digunakan bersamaan dengan tombol Fn di antaranya, F1 untuk masuk ke mode sleep, F2 untuk meangktifkan maupun menonaktifkan fitur WiFi di laptop.

Kemudian F3 dan F4 biasanya digunakan untuk menurunkan dan meningkatkan tingkat kecerahan layar monitor pada PC maupun laptop, dan lain-lain yang ikonnya masih mirip untuk setiap keyboard PC dan laptop yang berbeda.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.