Tips & Trik

Begini Cara Bikin Keyboard Ponsel Lebih Keren dan Akurat

Cahyandaru Kuncorojati    •    Jumat, 17 Nov 2017 13:36 WIB
tips dan trik teknologi
Begini Cara Bikin Keyboard Ponsel Lebih Keren dan Akurat
Tampilan khas dari keyboard milik Gboard yaitu ada ikon Google yang menyediakan fitur pintas ke layanan pencarian Google.

Metrotvnews.com, Jakarta: Keistimewaan dari perangkan ponsel pintar berbasis Android adalah tersedia berbagai macam pilihan untuk mengubah tampilannya.

Salah satunya adalah mengubah tampilan keyboard. Kenapa tampilan keyboard penting? Sebab keyboard akan selalu tampil ketika Anda mengetik. Tampilan keyboard juga akan berpengaruh terhadap kenyamanan Anda saat menggunakan ponsel pintar.

Metrotvnews.com sudah merangkum langkah mudah mengubah tampilan keyboard di ponsel pintar Anda.

1. Unduh dan pasang aplikasi Gboard
Biasanya setiap smartphone berbasis Android sudah dibekali dengan aplikasi keyboard buatan Google bernama Gboard. Bagi yang belum bisa mengunduh Gboard di Play Store. Jika sudah buka aplikasi Gboard yang muncul di layar homescreen.

2. Ubah keyboard yang digunakan menjadi Gboard
Ketika Anda membuka aplikasi Gboard maka Anda akan diminta untuk memasukkan aplikasi Gboard sebagai salah satu pilihan dalam jenis keyboard yang bisa dipergunakan pada pengaturan di smartphone Anda.

Cukup pilih menu yang disediakan oleh Gboard. Selanjutnya Anda akan diminta memilih Gboard sebagai keyboard yang digunakan.



3. Mengubah tampilan atau tema Gboard
Jika langkah sebelumnya sudah dilakukan, Gboard akan menampilkan halaman terkait fitur yang dimiliki oleh keyboard buatan Google tersebut.

Untuk mengubah tampilannya, pilih menu bertuliskan 'theme'. Nanti, Anda akan langsung dialihkan ke halaman berisi pilihan kombinasi warna yang digunakan keyboard.



Gboard kemudian menampilkan pengaturan tampilan terakhir, yaitu apakah Anda ingin menggunakan key borders atau bingkai pada setiap huruf di keyboard.

Ini tergantung selera Anda. Jika Anda memiliki jari jemari yang tergolong berukuran besar, tampilan key borders bisa meningkatkan akurasi pengetikan.


 


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.