Tips & Trik

Berapa Banyak Data Pribadi Anda yang Direkam Facebook?

Cahyandaru Kuncorojati    •    Kamis, 29 Mar 2018 17:32 WIB
facebooktips dan trik teknologi
Berapa Banyak Data Pribadi Anda yang Direkam Facebook?
Ilustrasi menggunakan aplikasi Facebook.

Jakarta: Facebook sedang bernasib sial, celah keamanan di layanannya diketahui dimanfaatkan oleh pihak tidak bertanggung jawab untuk mengambil data pribadi penggunanya. Kampanye hapus akun Facebook bergema.

Anda mungkin masih ragu untuk ikut menghapus akun Facebook Anda, tapi tetap ada rasa penasaran untuk mengetahui data pribadi apa saja yang direkam oleh Facebook. Beruntung setelah kasus yang menimpanya Facebook kini menyediakan fitur untuk mengunduh informasi penggunanya yang selama ini disimpan.

Dikutip dari WCCFTech, berikuti Medcom.id sudah merangkum langkah mudah untuk mengunduh data pribadi Anda yang selama ini direkam Facebook, perlu diingat agar trik ini dilakukan lewat layanan Facebook yang diakses di PC atau peramban internet.

1. Masuk ke menu pengaturan atau Settings
Pertama Anda harus masuk ke menu pengtauran atau Settings. Pada halaman linimasa Facebook yang disajikan setelah Anda login, perhatikan deretan ikon yang ada di sudut kanan atas.

Pilih ikon berupa tanda segitiga terbalik yang ada di sebelah ikon tanda tanya. Saat memilih ikon tadi akan muncul kolom berisi menu opsi, pilihan pengaturan atau Settings.



2. Cari menu Facebook Data
Setelah dialihkan ke halaman berisi beragam opsi pengaturan. Pilih menu General Account Settings yang menampilkan nama akun Facebook dan data lainnya, kemudian perhatikan bagian bawahnya.

Anda akan menemukan kalimat pilihan untuk mengunduh data Facebook dari akun Anda. Pilih tulisan yang berwarna biru sehingga Anda akan disajikan kotak dialog yang berisi langkah untuk bisa mengunduh arsip data Facebook Anda yang diam-diam direkam oleh Facebook.



Pada bagian 'Add more' akan menampilkan lebih detil penjelasan mengenai data Anda yang selama ini diam-diam direkam oleh Facebook. Disebutkan bahwa data tersebut di antaranya, unggahan foto dan video, percakapan Anda dengan akun lain, serta iklan yang pernah Anda lihat di Facebook.



3. Cara mengunduh arsip data akun Facebook Anda
Kini saatnya Anda mengetahui data yang telah disimpan Facebook dari akun Anda. Pilih menu 'Start My Archive' pada kolom yang ditampilkan tadi. Nantinya Facebook akan mengatakan bahwa arsip akan dikirip ke email Anda apabila sudah siap.

Arsip ini nantinya akan dikirim ke alamat email yang Anda gunakan sebagai akun Facebook namun sebelum itu Facebook akan meminta kata kunci atau password akun Facebook Anda sebagai proses verifikasi.




(MMI)

Advan G3, Bodi Keren Speaker Mumpuni
Review Smartphone

Advan G3, Bodi Keren Speaker Mumpuni

5 days Ago

Advan adalah produsen smartphone¬†lokal yang bisa dibilang pejuang sejati.¬†

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.