Jangan Masukkan Apple ID Asing ke iPhone Anda, Ini Alasannya

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 21 Jan 2019 15:21 WIB
tips dan trik teknologi
Jangan Masukkan Apple ID Asing ke iPhone Anda, Ini Alasannya
Sebaiknya Anda tidak memasukkan Apple ID asing ke perangkat Anda. (Photo by NICOLAS ASFOURI / AFP)

Jakarta: Jangan memasukkan Apple ID orang lain ke iPhone atau iPad Anda. Bagi para pengguna Apple, Anda tidak hanya disarankan untuk tidak memberikan username dan password dari Apple ID ke orang lain, tapi juga tidak mencoba kredensial orang lain di perangkat Anda. 

Kaspersky Lab menjelaskan alasan mengapa sebaiknya Anda tidak memasukkan Apple ID orang lain ke perangkat Anda. Alasannya, karena hal ini bisa dimanfaatkan oleh kriminal siber untuk memblokir perangkat Anda melalui fitur Find my iPhone di iCloud. 

Pada dasarnya, fungsi fitur Find My iPhone berfungsi untuk memastikan informasi pada iPhone Anda tetap aman ketika Anda kehilangan ponsel. Anda juga bisa menampilkan informasi Anda sehingga orang yang menemukan iPhone Anda bisa mengembalikannya. 

Namun, ketika Anda memasukkan Apple ID orang lain ke perangkat Anda, maka perangkat Anda akan dimasukkan ke dalam daftar perangkat yang terhubung melalui iCloud orang tersebut. Dan mereka bisa memanfaatkan fitur Find My iPhone untuk memblokir iPhone atau iPad Anda dan meminta uang tebusan. 

Bagaimana Cara Kriminal Meminta Anda Memasukkan Apple ID Miliknya?
Kaspersky menyebutkan ada beberapa cara yang biasa digunakan oleh para penipu untuk mendorong Anda memasukkan Apple ID miliknya ke perangkat Anda. Salah satunya adalah dengan masuk ke forum terkait Apple dan meminta tolong pada anggota forum. 

Biasanya, mereka akan mengatakan bahwa ponsel mereka mati dan mereka perlu mengakses kontak di iCloud mereka. Karena itu, mereka akan meminta Anda untuk memasukkan Apple ID mereka ke perangkat Anda. Terkadang, mereka juga akan meminta tolong dengan cara lain. 

Karena Anda memiliki kredensial Apple ID sang pelaku, Anda mungkin berpikir Anda bisa membatalkan pemblokiran dengan masuk ke Web iCloud. Namun, biasanya, Apple ID para pelaku dilindungi dengan autentikasi dua faktor. Artinya, selain password, Anda juga harus memasukkan kode yang didapatkan sang penyerang di salah satu perangkatnya. 

Inilah alasan mengapa sebaiknya Anda tidak memasukkan Apple ID orang yang tidak dikenal ke perangkat Anda. 


(ELL)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.