Tips & Trik

Hemat Pemakaian Data di Facebook Pakai Cara Ini

Lufthi Anggraeni    •    Minggu, 27 Aug 2017 13:35 WIB
media sosialfacebooktips & trik
Hemat Pemakaian Data di Facebook Pakai Cara Ini
Hemat konsumsi data saat menggunakan aplikasi Facebook di perangkat Android dan iOS dengan cara berikut.

Metrotvnews.com, Jakarta: Facebook menjadi salah satu aplikasi yang banyak digunakan oleh masyarakat, termasuk Indonesia. Bahkan Indonesia menjadi salah satu negara dengan perkembangan jumlah pengguna yang dinilai raksasa jejaring sosial ini pesat.

Facebook menyebut jumlah komunitas yang berkembang hingga lebih dari 115 juta orang Indonesia di Facebook setiap bulan, menjadi salah satu alasan yang melatarbelakangi kehadiran kantor perwakilan resminya di Indonesia.

Sayangnya, popularitasnya tidak dibarengi oleh rendahnya biaya yang perlu dikeluarkan pengguna untuk mengakses jejaring sosial tersebut. Berdasarkan laporan CNET, Facebook tidak hanya menjadi salah satu media sosial dengan konsumsi daya baterai, namun juga data terbesar.

Guna menghemat konsumsi data pada aplikasi Facebook di perangkat, pengguna aplikasi versi Android dan iOS perlu melakukan sejumlah langkah, yaitu menyesuaikan pengaturan aplikasi, mengaktifkan mode Data Saver, melindungi data mobile, atau menggunakan aplikasi Facebook Lite.

Untuk menyesuaikan pengaturan aplikasi, pengguna perlu mengakses App Setting di bagian Help & Setting pada ikon tiga garis di sudut kanan. Ketuk App Setting untuk menampilkan tuas tuas, dan ubah posisi tuas pada 'Upload photos in HD' dan 'Upload Videos in HD' ke kondisi Off. Nonaktifkan juga fitur video auto-play melalui kolom Auto-play, serta memilih waktu dan cara video diputar secara otomatis.



Sementara itu untuk mengaktifkan mode Data Saver, pengguna mengakses Data Saver di bagian Help & Setting pada ikon tiga garis di sudut kanan. Ketuk Data Saver dan geser tuas Data Saver on/off ke kondisi aktif. Pengguna juga dapat mengatur fitur ini ke kondisi nonaktif saat terhubung ke jaringan Wi-Fi.



Pada perlindungan data mobile, Facebook akan merekomendasikan aplikasi pihak ketiga untuk mengendalikan data mobile dan melindungi informasi personal pengguna. Aplikasi tersebut dapat ditemukan pada menu "Mobile data" di menu pengaturan. Mengetuk tombol install akan mengarahkan pengguna ke halaman aplikasi tersebut pada Google Play Store.



Pengguna juga dapat memanfaatkan versi aplikasi lain yang disediakan Facebook untuk menghemat konsumsi data, yaitu Facebook Lite. Aplikasi ini tidak tersedia di seluruh pasar di dunia, meski Indonesia menjadi salah satu pasar yang dapat memanfaatkan Facebook Lite.

Pada aplikasi versi iOS, pengguna juga dapat melakukan langkah serupa pengguna Facebook versi Android. Menonaktifkan pemutaran video otomatis pada aplikasi versi iOS dapat dilakukan dengan mengakses Setting > Account settings > Videos and photos > Auto-play > pilih Never Auto-play Videos.



Sedangkan untuk menonaktifkan pengunggahan foto dan video beresolusi HD, pengguna perlu mengakses Setting > Account settings > Videos and photos > pilih waktu dan foto video diputar > nonaktifkan Photo and video HD upload.



Menonaktifkan kemampuan refesh latar juga dapat menghemat konsumsi data pengguna Facebook iOS. Hal ini dapat dilakukan dengan mengakses Setting > General > Background app refresh, kemudian pilih Facebook dan geser tuas ke kondisi Off.




(MMI)

Video /