Tips & Trik

Akun Facebook Anda Bakal Lebih Aman Pakai Cara Ini

Cahyandaru Kuncorojati    •    Senin, 19 Feb 2018 14:32 WIB
facebooktips dan trik teknologi
Akun Facebook Anda Bakal Lebih Aman Pakai Cara Ini
Facebook menjadi media sosial terpopuler di Indonesia.

Jakarta: Bagi pengguna media sosial di Indonesia, Facebook menjadi salah satu media sosial yang paling sering digunakan. Di dalamnya juga terdapat banyak informasi yang sebetulnya sangat penting.

Sayangnya, kebanyakan dari pengguna Facebook sangat ketagihan mengecek media sosial tersebut termasuk dengan menggunakan ponsel atau komputer yang bukan milik mereka.

Tentunya hal ini menjadi celah keamanan bagi akun Facebook mereka. Mungkin saja orang lain bisa membuka akun Facebook tersebut meskipun sudah di logout atau dihapus riwayatnya pada peramban internet atau aplikasi yang digunakan.

Pada aplikasi Facebook tersedia fitur Two Factor Authetication atau otentikasi dua faktor (2FA) dengan menggunakan code generator. Code generator ini akan meghasilkan kombinasi nomor unik yang harus dimasukkan saat akan melakukan login.

Code generator memanfaatkan salah satu ponsel yang Anda miliki dan tersedia aplikasi Facebook untuk menghasilkan kode angka yang nanti Anda harus masukkan saat melakukan login akun Facebook di perangkat lain terutama yang bukan milik Anda.

Medcom.id telah membuat panduan mengaktifkan fitur Code Generator dan menggunakannya.

1. Akses pengaturan di aplikasi Facebook
Pertama Anda harus masuk ke aplikasi Facebook di Aplikasi Anda lalu klik ikon berupa tiga garis yang tersusun di sudut kanan atas, persisnya di sebelah ikon lonceng. Setelah Anda melakukan fitur ini maka Anda akan dialihkan ke halaman berisi beragam pengaturan aplikasi Facebook.



2. Cari dan aktifkan fitur Code Generator
Pada halama pengaturan aplikasi Facebook, geser halaman tersebut ke bawah hingga Anda menemukan ikon bergambar kunci bertuliskan Code Generator. Pilih ikon tersebut kemudian Anda akan diminta menonaktifkan terlebih dahulu fitur Code Generator.



3. Memahami Code Generator
Kini setiap kali Anda berusaha untuk login ke akun Facebook di laptop atau ponsel lain setelah mengisi ID dan password Facebook maka Anda akan diminta untuk memasukkan kode yang dihasilkan oleh code generator di ponsel Anda.

Anda cukup melakukan dua langkah yang disebutkan di atas, saat Anda masuk ke fitur code generator maka akan muncul kombinasi angka kode yang memiliki waktu berlaku hingga 30 detik atau 60 detik.




(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.