Tips & Trik

Berada di Luar Negeri Tapi Jam Ponsel Tidak Berubah? Ini Cara Perbaikinya

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 28 Nov 2017 07:10 WIB
tips dan trik teknologismartphone
Berada di Luar Negeri Tapi Jam Ponsel Tidak Berubah? Ini Cara Perbaikinya
Ilustrasi. (Gadget Hack)

Jakarta: Ketika Anda pergi ke tempat yang memiliki perbedaan waktu dengan kota asal Anda, terkadang Anda mungkin lupa menyesuaikan waktu pada jam tangan Anda.

Untungnya, pada smartphone, jam akan menyesuaikan dengan lokasi Anda berada. Hal ini terjadi karena biasanya, smartphone secara otomatis menyesuaikan zona waktu. Meskipun begitu, sebenarnya Anda bisa mengatur zona waktu pada ponsel secara manual. 

1. Masuk ke Settings
2. Pilih opsi Date & time
3. Matikan pilihan "Automatic time zone"
4. Pilih kota  tempat Anda berada



Satu hal yang harus Anda ingat, tidak semua kota di Indonesia masuk ke dalam daftar kota. Jika kota tempat Anda tinggal tidak masuk ke dalam daftar, sebaiknya Anda memasukkan nama kota dengan zona waktu yang sama atau mengaktifkan opsi zona waktu otomatis. 

Lalu, bagaimana jika Anda dan teman atau keluarga Anda tinggal di zona waktu yang berbeda? Tidak usah khawatir, melalui aplikasi Clock -- yang ada di semua smartphone -- Anda bisa membuat agar ponsel menampilkan lebih dari satu waktu. Caranya pun cukup mudah. 

1. Buka aplikasi clock
2. Masuk ke menu World clock
3. Pilih opsi tambahkan kota
4. Cari kota tempat orang tersayang Anda berada



Sama seperti ketika Anda mengatur jam dan tanggal, tidak semua kota Indonesia masuk ke dalam daftar waktu dunia. Sebagai gantinya, Anda bisa memilih kota dengan zona waktu yang sama.

Informasi tambahan, wilayah dengan Waktu Indonesia Barat masuk ke dalam zona waktu GMT+7, sementara Waktu Indonesia Tengah masuk ke zona GMT+8 dan Waktu Indonesia Timur menjadi bagian dari zona waktu GMT+9. 

Adanya jam kedua ini bisa membantu Anda yang jauh dari keluarga atau menjalin hubungan jarak jauh alias LDR. Dengan adanya jam kedua, Anda bisa memastikan bahwa Anda tidak menghubungi teman atau keluarga Anda saat mereka sedang tertidur. 


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /