Tips & Trik

Tips Mengambil Foto Super Blue Blood Moon

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 31 Jan 2018 10:22 WIB
tips dan trik teknologigerhana bulan
Tips Mengambil Foto Super Blue Blood Moon
Ilustrasi, (Getty Images)

Jakarta: Lapan (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) menyebutkan bahwa akan terjadi tiga fenomena Bulan sekaligus yaitu supermoon, bluemoon dan gerhana bulan hari ini. Terjadinya tiga hal tersebut secara bersamaan adalah hal langka. 

Supermoon adalah ketika Bulan berada pada jarak paling dekat dengan Bumi. Ketika terjadi supermoon, Bulan akan terlihat 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang. Sementara bluemoon adalah purnama kedua dalam satu bulan.

Besok, Bulan juga akan memiliki warna kemerahan. Karena itu, jangan heran jika fenomena itu menarik banyak fotografer untuk mengabadikan momen tersebut. Sayangnya, seperti yang disebutkan oleh CNET, menangkap peristiwa itu bukanlah hal yang mudah. 

"Mengambil gambar apapun di langit malam akan membuat kamera Anda bingung, karena itu, biasanya ada elemen trial and error," kata Bryan O'Neil Hughes, Director of Product Management and Outreach dari Adobe's Creative Cloud.

"Meskipun begitu, ada sekumpulan tips yang membantu Anda mengambil gambar terbaik."

Adobe menjelaskan beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk mengambil foto supermoon. Salah satunya adalah menggunakan tripod atau menggunakan metode lain untuk menstabilkan kamera Anda.

Ketika kamera stabil, maka gambar yang dihasilkan pun akan tajam. Jika Anda mengambil foto di tempat yang berangin, Anda mungkin juga harus memikirkan cara untuk melindungi kamera dari tiupan angin.

Metode paling mudah adalah berdiri di tempat yang tepat. Saran lain dari Hughes adalah untuk menekan tombol shutter dari jauh atau menggunakan timer

Jika Anda berencana mengedit foto Anda, Hughes menyarankan untuk menemukan tempat dengan polusi udara yang minim. Selain itu, ambil foto dalam format RAW.

Jika Anda mengambil foto dengan kamera dalam mode manual, atur ISO hingga di bawah 1.600 dan buka shutter selebar mungkin. 

"Pertimbangkan untuk mengambil foto dalam mode Manual jika Anda ingin mendapatkan detail Bulan dan langit gelap," kata Hughes.

"Mengendalikan gelap langit itu hal yang mudah dalam proses pengeditan, tapi jika Anda kehilangan informasi penting, maka tidak ada yang bisa Anda lakukan."


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.