Tips & Trik

Ingin Tahu Topik yang Sedang Ramai di Tiap Negara? Ini Caranya

Cahyandaru Kuncorojati    •    Jumat, 15 Dec 2017 16:42 WIB
tips dan trik teknologi
Ingin Tahu Topik yang Sedang Ramai di Tiap Negara? Ini Caranya
Twitter bisa menetahui apa yang sedang ramai dibicarakan oleh pengguna layanannya dan ditampikan lewat daftar Trending Topics.

Jakarta: Twitter adalah salah stau media sosial yang masih kerap digunakan untuk menemukan informasi terkini. Bentuknya yang sederhana dan real-time membuat penggunanya mudah mengetahui topik pembicaraan yang sedang ramai.

Oleh sebab itu, Twitter juga memiliki fitur halaman khusus bernama Trending Topics. Trending Topics adalah sebuah tema atau topik yang ramai dibicarakan oleh pengguna Twitter di seluruh dunia berdasarkan jumlah tweet yang menyebutkan kata atau kalimat berkaitan dengan topik tersebut.

Ketika memilih salah stau trending topic, Anda akan melihat tweet-tweet yang berisi kata atau kalimat. Jadi Anda bisa dengan mudah mengetahui alasan hal tersebut menjadi bahan perbincangan.

Anda juga bisa mengetahui secara spesifik trending topic di Indonesia maupun negara lainnya. Berikut Medcom.id merangkum langkah mudah untuk mengetahui trending topic Twitter di setiap negara.

1. Mengetahui halaman fitur Trending Topics
Ketika membuka layanan Twitter di smartphone, Anda akan melihat deretan ikon yang berada di bagian atas halaman Twitter. Salah satu ikon tersebut ada yang disimbolkan dengan bentuk kaca pembesar.



Ikon tersebut merupakan ikon untuk mengakses kolom pencarian. Saat memilihnya, Anda akan disajikan halaman berisi daftar trending topics.

2. Memahami halaman Trending Topics
Setelah melakukan langkah pertama, Anda akan melihat sebuah daftar kata atau kalimat yang diurutkan dengan angka. Pada bagian atas tersebut akan tertera judul trending topics. Biasanya Anda akan disuguhkan Indonesia trending topics.



Trendingc topics nomor 1 dipahami sebagai topik yang paling banyak dibicarakan oleh pengguna Twitter. Untuk melihat daftar 1 hingga 10 maka pilih teks berwarna biru bertuliskan 'show more'.



Trending topics bekerja berdasarkan geolokasi. Apabila Anda berada di negara lain, secara otomatis daftar trending topics akan berubah.  Untuk menggantinya, Anda cukup memilih ikon gir yang ada di sudut kanan atas.

3. Mengganti geolokasi Trending Topics 
Anda akan dialihkan ke halaman konfigurasi trending topics. Tersedia dua pilihan menu konfigurasi, pertama 'trends for you' yang secara otomtais disesuaikan dengan lokasi dan akun Twitter lain yang Anda ikuti.



Konfigurasi kedua adalah 'change location'. Fitur ini menyediakan konfigurasi tergantung negara pengguna Twitter. Pilih menu ini untuk dialihkan ke halaman berisi daftar negara di dunia yang Anda inginkan. 

Pada bagian atas Anda akan melihat pilihan 'worldwide', artinya trending topics yang disajikan akan berdasarkan topik yang paling banyak disebut oleh pengguna Twitter di seluruh dunia. Apabila Anda sudah menentukan pilihan maka Anda cukup kembali ke halaman daftar bagian awal.




(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.