Tips & Trik

Cara Hemat Data di Instagram

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 15 Aug 2017 15:00 WIB
media sosialtips dan trik teknologiinstagram
Cara Hemat Data di Instagram
Ada cara mudah untuk menghemat data saat menggunakan Instagram.

Metrotvnews.com, Jakarta: Saat menggunakan Instagram, Anda bisa tanpa sadar menghabiskan banyak paket data Anda. Instagram adalah salah satu aplikasi yang menghabiskan cukup banyak paket data, baik ketika Anda mengunggah foto atau video atau ketika Anda melihat beranda Anda, terutama jika ada banyak orang yang mengunggah video. 

Seperti yang disebutkan oleh How To Geek, cara terbaik untuk tidak menghabiskan paket data Anda adalah dengan membatasi penggunaan Instagram ketika Anda tidak terhubung dengan WiFi. Untungnya, sama seperti Facebook, ada cara untuk menghemat paket data di Instagram. 

Mengaktifkan fitur penghematan data di Instagram cukup mudah. Pertama, Anda cukup masuk ke halaman profil dan pilih menu Options, yang dilambangkan dengan ikon tiga titik vertikal yang ada di sebelah kanan atas. Setelah masuk ke menu Options, lakukan scroll down hingga Anda menemukan bagian Settings. 

Di dalam menu Settings, Anda akan menemukan opsi Cellular Data Use. Tap menu tersebut dan akan muncul dua opsi, yaitu Default dan Use Less Data. Pilih opsi kedua untuk mengaktifkan fitur penghematan data. 



Namun, jika Anda mengaktifkan fitur pengurangan data ini, pengalaman penggunaan Instagram mungkin jadi tidak semulus biasanya. Jejaring sosial berbagi foto itu tidak memberikan penjelasan secara detail tentang kerugian jika Anda mengakifkan fitur ini. Mereka hanya menyebutkan "foto dan video mungkin akan membutuhkan waktu yang lebih lama" dan Instagram tidak akan secara otomatis mengunduh foto dan video ketika Anda membuka aplikasi. 

Meskipun fitur ini aktif, paket data Anda akan tetap cepat habis jika Anda menjelajah beranda. Ia hanya akan menghemat paket data ketika Anda membuka aplikasi Instagram karena aplikasi ini tidak secara otomatis mengunduh gambar dan video pada beranda Anda. Fitur ini hanya bekerja saat ponsel tidak terhubung ke jaringan WiFi. 


(MMI)