Tips & Trik

Lebih Cepat Cari Percakapan di WhatsApp via Shortcut

Cahyandaru Kuncorojati    •    Rabu, 20 Sep 2017 16:17 WIB
tips dan trik teknologiwhatsapp
Lebih Cepat Cari Percakapan di WhatsApp via Shortcut
Aplikasi WhatsApp tahun ini menjadi aplikasi dengan pengguna terbanyak di dunia yaitu lebih dari 1,3 miliar pengguna aktif bulanan

Metrotvnews.com, Jakarta: Whatsapp adalah aplikasi pengirim pesan yang paling sering diakses di muka bumi. Jadi, jangan heran jika angka penggunanya tahun ini sudah mencapai 1,3 miliar pengguna aktif bulanan. Apabila Anda mengecek aplikasi WhatsApp, pasti akan banyak sekali percakapan yang terjalin dengan kontak perorangan maupun grup.

Karena jumlah percakapan sangat banyak sekali, terkadang untuk mencari percakapan yang ingin kita lakukan dengan seseorang atau grup kita harus menggeser layar WhatsApp hingga beberapa kali sampai menemukan kontak atau grup yang ingin kita hubungi. Tentu saja hal ini cukup memakan waktu, tetapi ada cara yang lebih mudah agar Anda bisa langsung mengakses kontak atau grup pada WhatsApp, yaitu dengan membuat shortcut.

Selain menyediakan akses percakapan ke grup atau kontak Whatsapp lebih cepat, hal ini juga menghindari Anda melakukan 'salah WhatApp' atau salah kirim pesan, sebuah kesalahan yang umum terjadi di kalangan pengguna WhatsApp.

Langkah pertama adalah membuka aplikasi WhatsApp lalu pilih kontak atau grup yang akan Anda buat shortcut. Untuk hal ini, pertimbangkan kontak-kontak penting atau orang terdekat Anda. Sedangkan untuk grup WhatsApp, pilih grup yang menurut Anda sangat sering terjalin percakapan.



Apabila Anda sudah memilih kontak dan grup WhatsApp, maka blok kontak atau grup tersebut dengan menekannya hingga satu detik atau muncul hingga pada bagian pojok atas tampilan aplikasi WhatsApp muncul ikon 3 buah titik yang tersusun secara vertikal. Klik ikon tersebut lalu akan muncul pilihan buat add shortcut



Pada bagian bawah tampilan aplikasi WhatsApp akan muncul pemberitahuan bahwa shortcut kontak atau grup WhatsApp tersebut telah berhasil dibuat pada layar utama atau home screen smartphone Anda.

Untuk membuat layar utama smartphone tidak dijejali banyak ikon, disarankan agar shortcut kontak atau grup WhatsApp tersebut disatukan dalam satu folder dengan ikon aplikasi WhatsApp sehingga semakin memudahkan Anda ketika membuat percakapan baru.




(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.