Tips & Trik

Apa Informasi Email Anda Pernah Bocor? Periksa di Sini

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 29 Aug 2017 17:30 WIB
tips dan trik teknologicyber security
Apa Informasi Email Anda Pernah Bocor? Periksa di Sini
Ilustrasi.

Metrotvnews.com, Jakarta: Tidak ada sistem yang tidak bisa dibobol. Bahkan perusahaan seperti Yahoo pun pernah diretas, yang menyebabkan bocornya informasi 1 miliar akun penggunanya.

Jika Anda tidak terus mengikuti berita terbaru di dunia teknologi, bisa jadi Anda tidak tahu bahwa salah satu layanan internet yang Anda gunakan telah diretas dan akun Anda menjadi salah satu akun yang informasinya telah bocor. Situs Have I Been Pwned bertujuan untuk menyimpan data tentang akun email apa saja yang datanya pernah bocor.

Seperti yang disebutkan oleh Make Use Of, situs itu dibuat oleh seorang ahli keamanan, Troy Hunt. Dia ingin memudahkan Anda mengetahui apakah akun email Anda masuk ke dalam data yang pernah dibocorkan oleh peretas ke internet. 

Cara menggunakan situs ini sederhana. Saat pertama kali mengunjungi situs Have I Been Pwned, Anda akan melihat adanya kotak dengan tulisan "email address or username". Anda cukup memasukkan alamat email atau username yang Anda biasa gunakan ketika membuat akun media sosial atau layanan internet baru. Setelah itu, Anda cukup mengklik tombol "pwned?" di sebelah kanan. 



Setelah beberapa waktu, Anda akan melihat hasil apakah email Anda pernah dibocorkan. Menurut CNET, jika pada situs Have I Been Pwned menunjukkan bahwa informasi email Anda pernah dibocorkan, jangan panik. Segera ganti password yang Anda gunakan pada layanan yang sistemnya pernah diretas tersebut.

Jika Anda ingin mendapatkan informasi ketika informsi email Anda bocor, Anda bisa mengklik tombol "Notify me when I get pwned". Dengan begitu, ketika ada layanan internet yang sistemnya dibobol dan membocorkan informasi email Anda, Anda bisa segera tahu dan mengambil tindakan untuk mengamankan akun Anda. 


(MMI)

Video /