Tips & Trik

Jajal Panduan Pengendara Sepeda Motor di Google Maps, Caranya?

Cahyandaru Kuncorojati    •    Rabu, 21 Mar 2018 11:36 WIB
googletips dan trik teknologi
Jajal Panduan Pengendara Sepeda Motor di Google Maps, Caranya?
Ilustrasi menggunakan navigasi lewat ponsel di kendaraan sepeda motor.

Jakarta: kemarin Google baru saja memperkenalkan fitur terbarunya yang dihadirkan pada apliksi navigasi Google Maps. Seperti yang diketahui aplikasi tersebut sangat diandalkan bagi pengguna yang ingin menuju lokasi tertentu dengan panduan yang terpercaya.

Aplikasi ini juga sangat diandalkan oleh pengendara, namun selama ini panduan yang disajikan diutamakan untuk pengendara mobil. Padahal, di Indonesia, jumlah pengendara sepeda motor lebih banyak dari mobil. 

Selain itu, pengendara sepeda motor juga memiliki jalur kendaraan yang berbeda dengan mobil terutama di jalan-jalan dalam kota Jakarta. Oleh sebab itu, Google Maps kini hadir dengan fitur baru berupa panduan untuk pengendara sepeda motor.

Berikut ini Medcom.id sudah merangkum tips untuk Anda menjajal fitur ini.

1. Mengecek versi aplikasi Google Maps
Pihak Google menyebutkan bahwa fitur terbaru merek hadir di Google Maps versi9.67.1 satu ke atas. Pertama Anda harus mengecek versi Google Maps yang terpasang di aplikasi Anda.

Caranya masuk ke aplikasi Google Maps lalu pilih ikon tiga baris yang terletak di sudut kanan atas tampilan aplikasi sehingga muncul kolom berisi berbagai opsi fitur. Geser menu di kolom tersebut ke bawah hingga menemukan menu pengaturan atau Settings.



Pilih menu Settings lalu geser lagi tampilan menu yang disajikan ke bawah hingga menemukan menu tentang aplikasi atau About. Pilih menu About maka muncul informasi versi aplikasi Google Maps yang terpasang di ponsel Anda.

Apabila masih berada di bawah versi yang telah disebutkan di atas maka Anda cukup menuju Google Play Store dan melakukan update aplikasi Google Maps.



2. Lakukan langkah biasa, cari lokasi tujuan
Apabila Anda sudah memperbaruinya kini buka kembali aplikasi Google Maps lalu lakukan langkahh seperti biasa. Ketikkan lokasi tujuan yang ingin dicari pada kolom pencarian di bagian atas tampilan aplikasi.



Misalnya, saya ingin menuju kantor Medcom.id. Setelah menemukan nama kantor dan lokasi yang benar sesuai tujuan maka klik menu Direction yang muncul di bagian bawah aplikasi untuk memulai panduan perjalanan.

Nantinya akan muncul deretan ikon di bagian atas yang dilambangkan dengan ikon mobil dan sepeda motor serta ikon lain yang mewakilkan cara Anda menuju lokasi tersebut. Pilih ikon sepeda motor maka Google Maps akan langsung menyajikan beberapa rute perjalanan yang bisa Anda tempuh.




(MMI)

Samsung Galaxy A9, Si Unik Berkamera Empat
Review Smartphone

Samsung Galaxy A9, Si Unik Berkamera Empat

1 day Ago

Samsung mengakhiri tahun 2018 dengan ponsel inovatif dalam hal kamera dengan dukungan empat kam…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.