Tips & Trik

Layar Ponsel Tampilkan 2 Aplikasi Sekaligus, Memang Bisa?

Cahyandaru Kuncorojati    •    Minggu, 26 Nov 2017 19:50 WIB
tips dan trik teknologi
Layar Ponsel Tampilkan 2 Aplikasi Sekaligus, Memang Bisa?
Tampilan di layar smartphone dalam mode split screen.

Jakarta: Anda pasti pernah melakukan multitasking di ponsel. Multitasking adalah menjalankan dua jenis aplikasi bahkan lebih di smartphone

Namun proses multitasking biasanya cukup merepotkan di smartphone. Alasannya sederhana, layar smartphone terlalu kecil jika dibandingkan layar komputer. Hal itu tidak bisa diperdebatkan.

Kebanyakan pengguna smartphone harus berpindah tampilan dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Bahayanya, kita kadang tidak sengaja menutup salah satu aplikasi. 

Tahukah Anda bahwa ponsel pintar kini memiliki fitur bisa melihat dua tampilan aplikasi sekaligus dengan lebih mudah tanpa harus repot-repot berpindah tampilan.

Sayangnya, fitur ini baru hadir untuk smartphone Android yang sudah menggunakan sistem operasi Android 7.0 Nougat. Dijamin sebagian besar penggunanya pasti belum mengetahui fitur bawaan dari Android Nougat ini.

Berikut Metrotvnews.com sudah rangkum langkah untuk menggunakannya.

1. Buka dua aplikasi yang ingin digunakan
Pertama Anda harus membuka aplikasi yang ingin digunakan. Misalnya ingin menuliskan email di perjalanan sambil menikmati YouTube. Buka dua aplikasi tersebut lalu tekan tombol Home yang ada di bagian bawah layar smartphone.



2. Akses halaman Recent App
Kedua aplikasi yang sudah dibuka ini sebetulnya belum ditutup total. Kini Anda harus mengakses aplikasi tadi lewat halaman Recent Apps. Caranya tekan tombol Recent App yang ada di bawah layar smartphone Anda.

Posisi tombol Recent Apps biasanya terletak di ujung paling kanan atau paling kiri, setiap merek smartphone memiliki susunan tombol yang berbeda-beda. Tombol Recent Apps bisa membuka halaman yang ingin dituju. Pilih aplikasi YouTube yang tadi sudah Anda buka. 



3. Pergunakan tombol Recent Apps untuk fitur split screen
Saat Anda sudah membuka satu aplikasi yang Anda inginkan, misalnya YouTube. Kini Anda harus menekan kembali tombol Recent Apps hingga sedetik atau dua detik hingga tampilan aplikasi di layar smartphone berubah.



Pada layar smartphone tampilan aplikasi yang Anda buka tadi akan mengecil menjadi setengah layar. Pada bagian bawahnya tersaji pilihan aplikasi yang sebelumnya sudah Anda buka yakni dari halaman Recent Apps.



Pilih salah satu dan kini Anda bisa melihat dua aplikasi sekaligus dalam satu layar. Selamat, Anda sudah berhasil mencoba salah satu fitur dari Android Nougat. Lakukan langkah ini setiap Anda menggunakan fitur split screen.

4. Mengatur ukuran layar masing-masing aplikasi
Untuk mengatur ukuran layar dari salah satu aplikasi yang ditampilkan dalam mode split screen. Anda cukup menggeser garis pembatas di antara kedua tampilan aplikasi tersebut, ke atas maupun ke bawah.

Perlu diketahui bahwa tidak semua aplikasi mendukung mode ini sebab beberapa aplikasi memiliki prioritas utama dalam sistem smartphone Android, misalnya pengaturan perangkat dan lain-lain.


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /