Tips Fotografi

Selfie Tidak Harus Gunakan Ponsel Khusus, Ini Caranya

Riandanu Madi Utomo    •    Sabtu, 08 Jul 2017 23:46 WIB
fotografitips & trik
Selfie Tidak Harus Gunakan Ponsel Khusus, Ini Caranya
Selfie tidak harus gunakan ponsel khusus

Metrotvnews.com, Jakarta: Semua orang memang bisa melakukan selfie lebih mudah saat ini. Itulah yang membuat tren foto selfie sangat populer. Namun, tahukah Anda tidak semua bisa orang bisa mengambil foto selfie dengan baik dan ponsel selfie tidak menjamin menghasilkan foto selfie dengan baik.

Menurut fotografer Rachel Gulotta dan Daniel Inskeep, setidaknya dalam mengambil sebuah foto harus memperhatikan komposisi. Untuk itulah keduanya memberikan tiga tips mudah supaya Anda bisa mengambil foto selfie yang lebih menarik. Berikut adalah tips-nya:


1. Stabilkan kamera, posisikan, dan ambil gambar

Untuk mengambil foto selfie yang sempurna, Anda harus bisa membuat kamera secara lebih stabil. Gunakan tripod, jika tidak ada Anda bisa gunakan buku dan barang-barang lainnya. Posisikan juga kamera sesuai dengan sudut pandang yang Anda inginkan.

Setelah mendapatkan sudut pandang yang diinginkan, Anda bisa melakukan simulasi bagaimana foto akan diambil nantinya. Ketika Anda mengambil gambar, lebih baik menggunakan fitur timelapse sehingga Anda bisa mencoba berbagai gaya dan mengambil yang terbaik.



Perlu diingat, selfie tidak harus selalu merupakan foto potrait yang menunjukkan sebagian besar wajah. Anda bahkan bisa berkreasi dengan mencoba berbagai teknik framing. Tentu saja Anda bisa menggunakan kamera saku, DSLR, mirrorles, bahkan kamera belakang ponsel.

2. Pastikan kamera sudah fokus ke Anda

Salah satu penyebab foto selfie jelek adalah karena kamera tidak fokus ke Anda. Anda bisa memanfaatkan mode manual pada kamera dan set fokus ke posisi yang diinginkan. Dengan demikian, foto akan selalu fokus ke Anda.



3. Berpose secara natural

Salah satu yang membuat selfie tidak menarik adalah karena pose dan ekspresi Anda terlihat tidak natural. Cobalah berpose secara natural dengan berkegiatan seperti biasa, seperti membaca, bermain game, dan mengobrol. Ekspresi natural akan membuat Anda terlihat lebih menarik dan foto akan memiliki nilai seni lebih tinggi.




(MMI)