Tips & Trik

Empat Tips dan Trik Menarik Minggu Ini

Cahyandaru Kuncorojati    •    Minggu, 18 Feb 2018 14:34 WIB
tips dan trik teknologi
Empat Tips dan Trik Menarik Minggu Ini
Beragam tips dan trik teknologi yang bisa Anda lakukan hanya menggunakan smartphone Anda.

Jakarta: Tidak ada habisnya berbicara tentang teknologi. Selalu ada hal baru yang bisa menambah pengetahuan kita ketimbang hanya menggunakan gadget. Misalnya tips dan trik menari yang dirangkum Medcom.id setiap minggunya.

Ada empat tips dan trik menarik minggu ini, mulai dari cara menyimpan Google Doodle yang menarik, sinkronisasi kontak via Google, dan melindungi PC Windows 10 Anda dari serangan ransomware.

Serta tidak ketinggalan cara menghentikan update aplikasi secara otomatis yang kerap tidak disadari oleh pengguna smartphone, sehingga membuat kuota internet tiba-tiba berkurang.

Berikut ini ringkasan tips dan trik menarik minggu ini yang sudah dirangkum oleh Medcom.id. Anda cukup mengklik judul tips di bawah ini untuk langsung menuju artikel lengkap berisi panduan tips dan trik yang sudah dibuat

1. Cara simpan Google Doodle secara offline
Google selalu merayakan hari atau tokoh penting dengan membuat animasi interaktif yang muncul pada halaman awal pencarian Google, animasi interaktif ini diberi nama Google Doodle.

Sayangnya, Google Doodle memiliki waktu tayang terbatas, sebelum akhirnya dihapus. Jangan khawatir karena Medcom.id menemukan cara menyimpan Google Doodle tersebut.

2. Sinkronisasi kontak via Google
Memindahkan kontak dari satu ponsel ke ponsel lain secara manual bukanlah hal yang mudah. Namun, sebenarnya ada cara cepat untuk menghindari ini, terutama ketika Anda menggunakan Android. 

Anda bisa memanfaatkan akun Google untuk menyinkronkan data Anda, termasuk kontak. Apabila Anda menggunakan Android, Anda bisa menggunakan Google Contacts.

Layanan ini terintegrasi dengan akun Google. Dengan begitu, ketika Anda menggunakan ponsel baru, selama Anda menggunakan akun Google yang sama, maka semua kontak yang tersimpan dalam akun itu akan otomatis tersimpan dalam ponsel baru.

3. Lindungi Windows 10 dari Ransomware
Tahun lalu, dunia dihebohkan dengan munculnya ransomware WannaCry. Ransomware adalah sebuah malware yang akan mengunci file pada komputer Anda. Apabila korban ingin membuka enkripsi pada file tersebut, mereka harus membayar sang penyerang. 

Salah satu cara untuk mencegah ransomware adalah dengan melakukan backup data secara berkala. Namun, sebenarnya Anda bisa menggunakan fitur pada Windows Defender untuk mencegah komputer Anda terinfeksi ransomware.

4. Mencegah aplikasi di smartphone melakukan update secara otomatis
Smartphone harus selalu update agar tetap bisa berjalan lancar dan Anda dapat mencicipi fitur terbarunya. Hal yang sama juga dilakukan pada aplikasi yang Anda pasang.

Sebagian pengguna smartphone mungkin pernah menemukan aplikasi yang dimiliki tiba-tiba melakukan update otomatis. Padahal, saat itu kuota internet Anda sudah sangat sedikit. 

Bagi Anda yang belum mengetahui, Google Play Store memiliki pengaturan untuk membuat aplikasi tidak update otomatis dengan mengkonsumsi kuota internet.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.