Tips & Trik

Cara Belanja Online Cermat Di Bulan Ramadan

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 21 May 2018 15:09 WIB
tips dan trik teknologi
Cara Belanja Online Cermat Di Bulan Ramadan
Berikut hal yang perlu dilakukan saat berbelanja online selama bulan Ramadan ini.

Jakarta: Bulan Ramadan menjadi salah satu bulan yang dinantikan umat muslim di seluruh dunia.

Tidak hanya menjadi ajang untuk meningkatkan keimanan dan mendapatkan lebih banyak pahala melalui berbagai ibadah dan silaturahmi, tetapi juga menjadi bulan yang dimanfaatkan masyarakat Indonesia untuk berbelanja.

Umumnya, aktivitas masyarakat Indonesia mencicil benda yang dibutuhkan pada hari Idul Fitri meningkat pada bulan Ramadan. Perkembangan teknologi salah satunya via e-commerce, turut dimanfaatkan masyarakat untuk mendapatkan benda-benda tersebut.

Namun, untuk menghindari pengalaman belanja secara online yang kurang menyenangkan, menurut Shopback, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Pilih toko terotorisasi
Agar terhindar dari pengalaman tertipu saat berbelanja online, Anda perlu memeriksa dengan lebih teliti toko yang terdapat pada marketplace. Umumnya marketplace tersebut telah memberikan tanda atau simbol pada toko yang telah terotorisasi, sehingga lebih terjamin keaslian produk dan layanannya.

2. Perhatikan rating dan kolom ulasan produk
Untuk lebih menjamin keaslian produk, termasuk pada toko yang telah terotorisasi, Anda perlu memperatikan rating dan ulasan produk dari pelanggan sebelumnya pada kolom khusus di halaman toko. Rating dan ulasan tersebut dapat menjadi bahan pertimbangan Anda terkait dengan kualitas produk yang diinginkan.

3. Aktifkan push notification pada aplikasi belanja online
Mengaktifkan push notification aplikasi belanja online akan mencegah Anda melewatkan program promosi yang dihadirkan marketplace selama bulan Ramadan. Fitur ini juga berguna bagi Anda yang kurang menyukai email dibanjiri oleh newsletter.

4. Cermati promo dengan bijak dan sesuai kebutuhan
Selama bulan Ramadan, sebagian besar markerplace mengadakan program promosi untuk menarik perhatian konsumen.

Karenanya sebagai konsumen, Anda perlu memperhatikan program tersebut dengan cermat dan memilih program yang sesuai dengan kebutuhan sehingga kesehatan dompet teta terjaga.

5. Memanfaatkan waktu jelang buka puasa dan sahur
Perubahan waktu makan mungkin terasa berat di awal bulan Ramadan. Untuk membiasakan diri, Anda dapat memanfaatkannya untuk sekadar browsing di aplikasi marketplace pilihan, ataupun melakukan pembelian saat produk yang Anda butuhkan tersedia, saat waktu Sahur, juga saat menunggu waktu berbuka puasa.

6. Memilih metode pembayaran yang tepat
Saat ini, sejumlah e-commerce telah bekerja sama dengan sejumlah bank di indonesia untuk menyediakan metode pembayaran bagi konsumen, via kartu kredit atau transfer ke rekening.

Namun, jika masih belum yakin dengan keamanan metode ini, Anda dapat memanfaatkannya dan memilih metode pembayaran Cash on Delivery (COD) yang umumnya telah tersedia pada e-commerce.

Selamat mencoba!


(MMI)

Roccat Kone AIMO, Premium Pakai Kecerdasan Buatan
Review Mouse Gaming

Roccat Kone AIMO, Premium Pakai Kecerdasan Buatan

2 days Ago

Roccat Kone AIMO digolongkan sebagai mouse gaming premium dengan fitur yang sangat pantas dimil…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.