Tips & Trik

Anda Bisa Kirim Pesan via YouTube, Caranya?

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 28 Aug 2017 12:54 WIB
youtubetips dan trik teknologi
Anda Bisa Kirim Pesan via YouTube, Caranya?
Begini cara memanfaatkan fitur chat dalam aplikasi YouTube mobile.

Metrotvnews.com, Jakarta: YouTube menghadirkan sejumlah perubahan pada jejaring sosial berbasis video miliknya selama beberapa bulan terakhir, salah satunya adalah tema bernuansa gelap, kemampuan pemuatan animasi baru, serta preview animasi yang memainkan video dengan urutan acak saat pengguna mengarahkan kursor ke thumbnail video pada versi situs.

Tidak hanya situs, YouTube juga menghadirkan update untuk aplikasi versi Android dan iOS, termasuk fitur chat terintegrasi. Fitur ini dihadirkan berbasis fungsionalitas berbagi yang hadir pada jejaring sosial tersebut, dan mengharuskan pengguna masuk ke saluran YouTube terlebih dahulu menggunakan akun Gmail.

Masuk ke saluran YouTube tidak serta-merta menyinkronisasikan kontak dari akun Gmail pada saluran, sehingga pengguna dapat menentukan kontak untuk saling berinteraksi. Berikut kami suguhkan langkah panduan agar Anda dapat memanfaatkan fitur baru pada aplikasi YouTube tersebut.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk dapat memanfaatkan fitur chat tersebut adalah melakukan update pada aplikasi YouTube ke versi terbaru, dan mengaksesnya. Setelah mengakses, Anda mungkin akan kesulitan menemukan fitur ini sebab YouTube tidak menyediakan tab khusus pada aplikasi.

Karenanya, Anda dapat berbagi video terlebih dahulu untuk dapat memanfaatkan fitur chat ini. Untuk berbagi video, Anda hanya perlu memilih video yang diinginkan dan mengetuk opsi share dengan ikon panah di bawah layar video, kemudian akan muncul kontak dari akun Gmail yang sering berinteraksi dengan Anda, meski tidak termasuk pada kontak YouTube. Namun Anda juga dapat menambahkan kontak dari ponsel ataupun email ke YouTube.

Untuk memulai rangkaian percakapan atau chat di YouTube, Anda perlu mengetuk kontak dalam daftar saran yang disediakan YouTube dan mengirimkan video kepada kontak tersebut. Jika berbagi video dengan kontak via gmail, YouTube akan mengirimkan permintaan via email yang perlu disetujui penerima untuk dapat memulai percakapan.



Dalam email tersebut, akan tersedia tautan yang perlu dan hanya dapat diakses melalui smartphone. Mengklik tautan akan mengarahkan penerima kepada aplikasi YouTube, yang menampilkan halaman Shared dengan permintaan kontak di posisi teratas di halaman tersebut.

Permintaan tersebut juga dilengkapi dengan tanda centang (V) dan silang (X) sebagai ikon indikator menerima atau menolak permintaan tersebut. Jika akun email belum memiliki akun saluran YouTube, permintaan akan muncul dalam bentuk jendela pop-up kecil menampilkan permintaan dan opsi terima dan tolak.



Pada aplikasi YouTube, Anda dapat menemukan layar percakapan di tab Shared, yang diapit oleh tab Subscription dan Library. Mengetuk kontak memunngkinkan Anda memulai percakapan, yang juga mendukung percakapan secara berkelompok, dengan menambahkan kontak lain via opsi 'Add participants' pada ikon tiga titik di halaman percakapan.

Jika penerima pesan percakapan mengirimkan balasan atau mengomentari video yang dibagikan via halaman percakapan, Anda akan menerima pemberitahuan dari YouTube. Percakapan tersebut dapat diakses kembali melalui tab Share pada aplikasi mobile YouTube.


(MMI)

Video /