Tips & Trik

Seperti Apa Ciri-Ciri Speaker Portable yang Bagus?

Cahyandaru Kuncorojati    •    Rabu, 27 Sep 2017 07:37 WIB
teknologitips dan trik teknologi
Seperti Apa Ciri-Ciri Speaker Portable yang Bagus?
Speaker portable menjadi perangkat elektronik yang cukup populer saat ini.

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebagian dari kita mungkin merasa kurang puas jika hanya mendengarkan musik lewat earphone. Ketika kita berada di dalam ruangan atau sebuah tempat, kadang kita ingin bebas mendengarkan lagu dengan volume cukup kencang. Speaker portable pun menjadi pilihan solusi untuk kebutuhan tersebut.

Kini, sudah semakin banyak speaker portable yang dijual. Ketahui beberapa tips agar Anda tidak bingung memilihnya.

1. Konektivitas
Bicara speaker portable bukan soal speaker yang bisa dibawa kemana saja, tetapi juga mudah dalam menghubungkan speaker dengan perangkat pemutar musik. 

Speaker ini akan sangat mendukung Anda dalam penggunaannya sehari-hari, Anda masih bisa menggunakan smartphone Anda berkeliling ruangan di dalam rumah atau ruang kerja sembari memutar musik lewat speaker portable

Perbedaan yang perlu diperhatikan adalah daya jangkau setiap konektivitas antara perangkat pemutar musik dengan speaker yang tentu berbeda-beda. Pastikan saja jarak Anda tidak cukup jauh.

2. Kemampuan portabilitas
Bicara kemampuan portabilitas artinya berbicara soal desain. Desain speaker portable sangat beragam ,tapi mungkin desain yang cukup besar kurang diminati karena bobot dan cukup memakan kapasitas tas yang Anda gunakan.

Tidak perlu khawatir karena sebagian merek produsen speaker cukup sadar akan hal tersebut, sehingga mereka sudah menyiapkan desain terkecil atau desain perangkat yang bisa menjuntai di bagian luar tas Anda. Jadi, selama perjalanan tetap bisa memutar musik menggunakan speaker portable. Rata-rata brand tersebut juga sudah membarengi desain portable dengan kualitas suara yang memuaskan.

3.Kualitas audio
Aspek satu ini menjadi salah satu penentu paling signifikan dalam memilih perangkat speaker portable, sebab selain portabilitas, kualitas audio menjadi aspek penilaian yang dominan. Ukuran menentukan kualitas tidak selalu berlaku bagi speaker portable. Dengan ukuran kecil tetap dibuat oleh brand yang ahli di bidang produk tersebut, tetap saja speaker bisa menghasilkan kualitas audio yang memuaskan.

4. Daya tahan
Di sini ada dua jenis daya tahan, daya tahan fisik dari perangkat speaker portable dan daya tahan baterai. Karena sifatnya yang portable, tentu saja perangkat ini sangat rawan terhadap benturan atau terjatuh, ditambah kondisi cuaca yang sebetulnya bisa merusak kondisi perangkat. Untuk hal ini, Anda harus mempertimbangkan material yang digunakan serta fitur seperti tahan air atau waterproof.

Daya tahan baterai tidak kalang penting, Sifatnya yang portable membuat speaker ini akan sangat sering Anda pergunakan layaknya smartphone. Jadi, kapasitas baterai dan konsumsinya harus lebih besar dan hemat. 

5. Harga
Pada perangkat audio, harga tidak pernah bohong. Kualitas audio mumpuni berbanding lurus terhadap harga dari perangkatnya. Apabila Anda menginginkan speaker portable dengan kualitas audio yang bagus, dipastikan Anda harus menyiapkan dana lebih banyak.


(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.