Tips & Trik

Cara Gampang Backup Data di Ponsel Android

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 15 Sep 2017 17:42 WIB
androidtips dan trik teknologi
Cara Gampang Backup Data di Ponsel Android
Google bisa simpan data backup Anda.

Metrotvnews.com, Jakarta: Sekarang, banyak orang yang menggantungkan diri pada smartphone. Data di ponsel menjadi sama pentingnya dengan data yang tersimpan di PC. Itulah alasan mengapa melakukan backup data pada ponsel penting. Selain itu, menyimpan backup data ponsel akan memudahkan Anda mengganti smartphone

PCWorld menjelaskan cara untuk menyimpan data backup dari smartphone Android Anda. 

Simpan data pengaturan ponsel dengan bantuan Google
Pada Android, Google menawarkan pengguna untuk menyimpan pengaturan ponsel seperti preferensi jaringan internet dan bookmark pada peramban. Untuk melakukan backup, Anda cukup mengikuti langkah ini.

Masuk ke menu  Backup dan Reset yang ada pada Settings. Setelah itu, aktifkan fitur "Backup my data" dan pilih akun Google yang Anda inginkan untuk menyimpan data backup. Anda juga akan bisa mengaktifkan "Automatic restore". Fitur ini menawarkan pemulihan pengaturan ketika Anda berganti smartphone Android. Jadi, ketika Anda menggunakan smartphone Android baru dengan akun Google yang sama, Anda akan ditawarkan untuk melakukan pemulihan pengaturan. 



Mengingat smartphone Android dibuat oleh banyak perusahaan, proses pengaturan ini mungkin sedikit berbeda pada masing-masing ponsel. Namun, secara keseluruhan, proses ini kurang lebih serupa. 

Backup foto dan video
Untuk menyimpan data backup dari foto dan video, Anda bisa melakukannya secara manual. Untuk itu, pertama, hubungkan smartphone dengan komputer. Setelah itu, masuk ke memori ponsel dan pilih folder "DCIM". Di folder ini, tersimpan semua foto dan video yang telah Anda ambil menggunakan ponsel. Salin folder tersebut dan pindahkan ke folder pada komputer. 

Selain itu, Anda juga bisa menyimpan data backup di cloud, yaitu dengan menyimpan data backup pada aplikasi Google Photos. Untuk melakukan ini, buka aplikasi Photos pada ponsel dan masuk ke akun Google menu Anda. Kemudian, pilih Menu, kemudian Settings Back up & Sync dan aktifkan "Backup & Sync" dengan mengetuknya.


(MMI)

Penggemar Sejati Final Fantasy Boleh Main Dissidia Final Fantasy NT
Review Game

Penggemar Sejati Final Fantasy Boleh Main Dissidia Final Fantasy NT

21 hours Ago

Dissida Final Fantasy NT merupakan game sekaligus fan service bagi penggemar dan pengikut setia…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.