Tips & Trik

Cara Gampang Backup Data di Ponsel Android

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 15 Sep 2017 17:42 WIB
androidtips dan trik teknologi
Cara Gampang Backup Data di Ponsel Android
Google bisa simpan data backup Anda.

Metrotvnews.com, Jakarta: Sekarang, banyak orang yang menggantungkan diri pada smartphone. Data di ponsel menjadi sama pentingnya dengan data yang tersimpan di PC. Itulah alasan mengapa melakukan backup data pada ponsel penting. Selain itu, menyimpan backup data ponsel akan memudahkan Anda mengganti smartphone

PCWorld menjelaskan cara untuk menyimpan data backup dari smartphone Android Anda. 

Simpan data pengaturan ponsel dengan bantuan Google
Pada Android, Google menawarkan pengguna untuk menyimpan pengaturan ponsel seperti preferensi jaringan internet dan bookmark pada peramban. Untuk melakukan backup, Anda cukup mengikuti langkah ini.

Masuk ke menu  Backup dan Reset yang ada pada Settings. Setelah itu, aktifkan fitur "Backup my data" dan pilih akun Google yang Anda inginkan untuk menyimpan data backup. Anda juga akan bisa mengaktifkan "Automatic restore". Fitur ini menawarkan pemulihan pengaturan ketika Anda berganti smartphone Android. Jadi, ketika Anda menggunakan smartphone Android baru dengan akun Google yang sama, Anda akan ditawarkan untuk melakukan pemulihan pengaturan. 



Mengingat smartphone Android dibuat oleh banyak perusahaan, proses pengaturan ini mungkin sedikit berbeda pada masing-masing ponsel. Namun, secara keseluruhan, proses ini kurang lebih serupa. 

Backup foto dan video
Untuk menyimpan data backup dari foto dan video, Anda bisa melakukannya secara manual. Untuk itu, pertama, hubungkan smartphone dengan komputer. Setelah itu, masuk ke memori ponsel dan pilih folder "DCIM". Di folder ini, tersimpan semua foto dan video yang telah Anda ambil menggunakan ponsel. Salin folder tersebut dan pindahkan ke folder pada komputer. 

Selain itu, Anda juga bisa menyimpan data backup di cloud, yaitu dengan menyimpan data backup pada aplikasi Google Photos. Untuk melakukan ini, buka aplikasi Photos pada ponsel dan masuk ke akun Google menu Anda. Kemudian, pilih Menu, kemudian Settings Back up & Sync dan aktifkan "Backup & Sync" dengan mengetuknya.


(MMI)

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie
Review Smartphone

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie

2 days Ago

Vivo V7 Plus kembali mengunggulkan kemampuan kamera depan, yang diklaim mampu memanjakan penggu…

BERITA LAINNYA
Video /