Tips & Trik

3 Aplikasi Kantoran Gratis Selain Microsoft Office

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 07 Dec 2017 12:37 WIB
microsofttips dan trik teknologi
3 Aplikasi Kantoran Gratis Selain Microsoft Office
Ada beberapa alternatif dari Microsoft Office yang bisa Anda gunakan dengan gratis. (Cloud Direct)

Jakarta: Semua orang memerlukan kumpulan aplikasi kantoran, seperti software pengolah kata, Excel dan PowerPoint. Jika membahas soal office software, maka Microsoft Office adalah salah satu pilihan yang paling banyak digunakan.

Meski berkualitas, software tersebut adalah software berbayar. Sayangnya, di Indonesia, kesadaran untuk menggunakan software/sistem operasi asli masih rendah. Daripada menggunakan software bajakan, tidak ada salahnya jika Anda mencari pilihan alternatif gratis.

Untuk aplikasi kantoran, inilah beberapa pilihan gratis yang bisa Anda gunakan, seperti yang dirangkum oleh TechRadar

1. LibreOffice
LibreOffice terdiri dari 6 program: Writer, Calc, Impress, Draw, Math and Base. Ketiga program terakhir dibuat untuk membuat diagram vektor, menghitung fungsi matematika dan membuat database

Program dalam LibreOffice sudah kompatibel dengan format dari Microsoft. Selain itu, program-program yang ada memiliki hampir semua fitur yang bisa Anda temukan pada versi terbaru dari Microsoft Word, PowerPoint dan Excel.



LibreOffice adalah program open source yang diatur oleh komunitas sukarelawan yang terus bekerja untuk membuat program-program di dalamnya menjadi semakin stabil juga menambahkan fitur-fitur baru. LibreOffice tersedia untuk Windows, Mac dan Linux. Namun, tidak ada versi mobile dari software ini. 

2. Google Docs, Sheets dan Slides
Jika Anda bekerja menggunakan komputer berbasis Windows atau Mac, software buatan Google ini bisa jadi opsi yang Anda pilih. Software Google ini juga cocok untuk Anda yang sering berkolaborasi dengan rekan Anda.

Bagi Anda yang menggunakan Android, maka software buatan Google ini adalah pilihan yang masuk akal. Ketiga software buatan Google bisa dibuka dengan peramban apapun dan telah tersedia sebagai aplikasi mobile untuk perangkat berbasis Android atau iOS.

Dengan begitu, Anda bisa menggunakan berbagai perangkat meski perangkat-perangkat tersebut memiliki sistem operasi yang berbeda. 



Sayangnya, software gratis buatan Google ini tidak menawarkan fitur canggih yang bisa Anda temukan pada program yang dibuat untuk desktop seperti LibreOffice. Namun, antarmuka dari software ini cukup mudah.

Selain itu, semua data yang Anda masukkan akan secara otomatis tersimpan dan tersinkron secara otomatis ke akun Google Anda. Dengan begitu, ketika Anda mengganti perangkat, Anda tidak perlu bingung soal transfer data. 

Satu masalah menggunakan Docs, Sheets dan Slides adalah membuka file yang dibuat menggunakan software lain terkadang menimbulkan masalah. Selain itu, proses membuka folder juga terkadang agak rumit. 


3. Microsoft Office Online
Microsoft berusaha untuk melawan Google -- yang menyediakan software buatannya secara gratis -- dengan Office Online. Microsoft Office Online merupakan Microsoft Office yang disederhanakan dan bisa digunakan secara gratis online

Alasan Microsoft membuat Office Online adalah karena mereka menyadari bahaya dari G Suite -- software buatan Google. Karena itulah, mereka membuat kumpulan software yang bisa digunakan secara gratis. 



Microsoft Office Online terlihat seperti Microsoft Office biasa. Hanya saja, ia tidak dilengkapi dengan beberapa fitur canggih seperti pivot table. Namun, fitur ini juga tidak disediakan oleh Google dalam kumpulan software buatannya.

Jika Anda terbiasa dengan format dokumen Microsoft, Office Online adalah pilihan yang cocok untuk Anda. Berbeda dengan software buatan Google, Anda tidak perlu lagi mengubah file Anda untuk menggunakan Office Online. Selain itu, Anda juga bisa membagikan dokumen Anda dengan mudah via akun Microsoft OneDrive.

Office Online tersedia untuk Chrome dan juga iOS serta Android.


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /