Tips & Trik

Lupa Password Gmail Anda? Jangan Panik

Cahyandaru Kuncorojati    •    Senin, 02 Oct 2017 22:59 WIB
googletips dan trik teknologi
Lupa Password Gmail Anda? Jangan Panik
Penting sekali untuk selalu mengingat alamat akun dan password dari Gmail Anda

Metrotvnews.com, Jakarta: Fungsi sebuah akun Gmail tidak ada bedanya dengan akun Google yang kita masukkan ketika pertama kali menggunakan sebuah smartphone Android, sebagai kunci untuk mengakses beragam fitur dan layanan Google di smartphone tersebut.

Gawatnya, jika Anda lupa akun berserta password, maka Anda tidak bisa mengakses beragam layanan Google. Apalagi jika Anda menggunakan smartphone baru, bisa saja daftar kontak dan foto serta data lainnya yang selama ini diakses di smartphone sebelumnya dan tersimpan oleh Google bisa tidak bisa diakses kembali. 

Anda tidak perlu khawatir karena Metrotvnews.com akan memberikan tips mudah untuk Anda yang lupa password Gmail Anda. Pertama, akses halaman Google dan pilih bagian Gmail, di halaman tersebut Anda akan diminta memasukkan alamat Gmail Anda, sewajarnya Anda masih ingat sebab jika tidak maka Anda harus ikhlas membuat akun baru.




Setelah diketikkan maka akan tampil halaman untuk memasukkan password, di bagian ini Anda harus memilih lupa password. Lalu Google akan meminta nomor telepon Anda. Pastikan bahwa saat dahulu Anda membuat email tersebut Anda mencantumkan nomor yang masih dipergunakan hingga sekarang, sebab Google akan mengirimkan nomer verifikasi untuk proses selanjutnya.

Google akan menampilkan dua digit terakhir dari nomor yang digunakan, lalu klik kirim. Ketika Anda dialihkan ke halaman selanjutnya, tidak lama Anda akan menerima SMS dari Google berisi nomer verifikasi yang harus dimasukkan di proses selanjutnya.

Apabila Anda sudah memasukkan kode verifikasi dengan benar maka Anda akan beralih ke halaman selanjutnya dimana Google akan mengirimkan email verifikasi ke akun Anda yang lain.



Perlu diingat kembali, pada setiap pembuatan akun Gmail biasanya Google meminta satu alamat email berbeda yang akan berfungsi sebagai backup yang salah satunya dipergunakan ketika Anda lupa password





Setelah Anda memasukkan alamat password lain, Google akan mengirimkan lagi nomor verifikasi yang akan diminta kembali untuk dimasukkan. Jika nomor verifikasi benar Google akan langsung menyediakan kolom untuk membuat password baru atas alamat email.




 


(MMI)

Video /