Tips & Trik

Ini Dia Cara Cepat Matikan Windows 10

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 09 Mar 2017 17:39 WIB
tips & trik
Ini Dia Cara Cepat Matikan Windows 10
Ini dia cara cepat menonaktifkan komputer desktop.

Metrotvnews.com, Jakarta: Sempat menghilang, Microsoft kembali menghadirkan tombol Start pada taskbar perangkat bersistem operasi Windows 10. Namun Microsoft enggan untuk menambahkan tombol Shut Down untuk menonaktifkan desktop secara langsung.

Hal ini tergolong cukup merepotkan, terutama bagi pengguna yang lebih menyukai kesederhanaan dalam melakukan aktivitas komputasi. Berikut kami suguhkan empat cara cepat untuk menonaktifkan komputer Windows 10.

1. Program ulang tombol daya
Untuk mempermudah proses penonaktifan komputer, pengguna dapat memprogram ulang tombol daya. Sistem operasi Windows 10 memungkinkan pengguna mengubah fungsi tombol yang sebelumnya lebih sering diatur secara default sebagai akses ke mode sleep.

Untuk mengubahnya, pengguna dapat mengetik kata Power pada kolom pencarian di Windows 10, kemudian klik Power Options pada hasil pencarian, dan pilih opsi "Choose what power buttons do". Mengklik opsi tersebut akan menampilkan menu pull down When I press the power button, yaitu On battery dan Plugged In.

Klik menu tersebut dan pilih Shut Down, kemudian klik tombol Save changes untuk menyimpan perubahan tersebut.



2. Tambahkan shortcut shutdown
Menambahkan shortcut shutdown sendiri sangat dianjurkan untuk perangkat dengan lokasi tombol daya yang kurang mendukung. Untuk menambahkan shortcut ini pada desktop, pengguna perlu mengklik kanan di area layar manapun pada desktop.

Setelah mengklik kanan pada desktop, kemudian klik New dan Shorcut untuk menampilkan kolom Location. Pada kolom tersebut, paste perintah %windir%\System32\shutdown.exe /s /t 0 dan klik kemudian klik Next dan selesaikan setup shortcut. Pengguna juga dapat menyematkannya pada taskbar untuk lebih memudahkan proses akses.



3. Ingat untuk klik kanan
Mengklik kanan tombol Start akan menampilkan menu shortcut, salah satunya adalah "Shut down or sign out" di bagian bawah menu. Menempatkan kursor pada menu akan menampilkan sejumlah opsi dan pilih "Shut down".

Cara ini masih melibatkan metode dua klik, sehingga masih kurang sederhana dan cepat. Namun, setidaknya opsi ini lebih sederhana dibandingkan metode tiga klik.



4. Kombinasi keyboard lama
Salah satu cara termudah untuk menonaktifkan perangkat komputer dengan cepat adalah dengan menekan kombinasi ALT+F4. Menekan kombinasi tersebut akan memunculkan opsi shut down yang telah terpilih secara default. Pengguna hanya perlu menekan tombol Enter.

Namun kombinasi ini tidak hanya berlaku untuk desktop. ALT F4 merupakan perintah "penutup" global, sehingga dapat menutup seluruh program yang tengah diakses pengguna.



Selamat mencoba!


(MMI)

In-Ear Headset H2310, Earphone Terjangkau Lain dari HP
Review Earphone

In-Ear Headset H2310, Earphone Terjangkau Lain dari HP

2 days Ago

In-Ear Headset H2310 merupakan earphone dengan harga terjangkau lain dari HP yang memberikan ku…

BERITA LAINNYA
Video /