Tips & Trik

Manfaatkan Instagram untuk Bisnis dengan Cara Ini

Mohammad Mamduh    •    Kamis, 01 Nov 2018 10:19 WIB
tips dan trik teknologiinstagram
Manfaatkan Instagram untuk Bisnis dengan Cara Ini
Ilustasi: WCCFTech

Jakarta: Secara global, satu miliar pengguna mengakses Instagram setidaknya satu kali dalam sebulan. Hal ini membuat pemilik bisnis besar maupun kecil harus lebih cerdas dalam menggunakan fitur-fitur Instagram untuk mencuri perhatian konsumen dan tingkatan engagement. 

Menurut Instagram, lima tips berikut dapat membantu bisnis Anda tampil lebih menarik bagi para pengguna Instagram dan calon konsumen.
 
1. Tonjolkan karakter utama bisnis
Profil Instagram Anda adalah etalase online bagi bisnis Anda. Karena itu, ciptakan karakter utama bisnis Anda untuk memudahkan konsumen membedakan bisnis Anda dengan bisnis lainnya.

Anda bisa membuat nama bisnis yang menarik, bio yang lengkap, serta tampilan Feed dengan foto dan video yang berkarakter dan berkualitas tinggi untuk menarik perhatian konsumen Anda.

Gunakan caption untuk menyampaikan narasi cerita produk Anda. 60 persen dari pengguna Instagram mengatakan mereka memelajari produk secara lebih dalam dari profil bisnis di Instagram, dan 75 persen pengguna mengatakan kalau mereka akan segera melakukan riset, mempromosikan, atau membeli sebuah produk saat mereka terinspirasi dengan unggahan di Instagram. 
 
2. Berkreasi dengan konten berformat vertikal
Format vertikal adalah format baru yang mampu menarik perhatian pelanggan dengan cepat melalui kontennya yang memenuhi seluruh layar.

Instagram menyediakan beberapa fitur yang menyajikan konten format vertikal seperti Instagram Stories dan Instagram LIVE. Indonesia adalah negara dengan jumlah kreator Instagram Stories terbanyak di dunia.

Secara global, 52 persen pengguna Instagram mengaku lebih tertarik terhadap sebuah brand atau bisnis setelah melihat konten mereka di Instagram Stories. Bisnis yang melakukan LIVE mendapatkan 1,5 kali lebih banyak jumlah Likes dibandingkan bisnis yang belum pernah LIVE.

Angka ini menunjukkan peluang besar bagi bisnis untuk menjangkau pelanggan melalui konten berformat vertikal. Curi perhatian pelanggan Anda pada tiga detik pertama saat menampilkan konten kreatif Anda di Instagram Stories maupun Instagram LIVE.   

3. Bangun interaksi dengan pengikut
Jangan lupa menjalin komunikasi dua arah dengan pengikut Anda melalui fitur polling, menjawab pertanyaan-pertanyaan secara aktif, dan mengadakan kontes untuk membantu penyebaran hashtag ke anggota komunitas yang lebih luas lagi.

Anda juga dapat mencoba fitur interaktif Instagram, seperti Poll Stickers dan Ask Me a Question untuk membangun interaksi yang lebih seru dan menyenangkan dengan audiens Anda.

Semakin aktif berinteraksi dengan pengikut, mereka juga akan semakin aktif dalam memberikan like, komen, dan menghabiskan waktu lebih banyak untuk melihat konten Anda.
 
4. Perluas jangkauan bisnis Anda dengan menggunakan hashtag
Terdapat 1 miliar pengguna aktif Instagram bulanan secara global. Lebih dari 200 juta akun di antaranya mengunjungi satu Profil Bisnis setiap harinya. Menariknya, dua di antara tiga kunjungan Profil Bisnis berasal dari non-followers.

Karena itu, penggunaan hashtag yang tepat merupakan hal yang penting bagi sebuah bisnis untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan calon pelanggan. Contohnya, Kaloka Pottery, sebuah bisnis UKM asal Yogyakarta mampu menjangkau pasar Timur Tengah melalui hashtag.

Dua manfaat utama penggunaan hashtag antara lain mencari calon pelanggan dan inspirasi produk / kolaborasi dengan kreator lain, serta membuat calon pelanggan menemukan bisnis Anda. Strategi penggunaan hashtag juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing bisnis.

Anda bisa membuat hashtag khusus yang unik sesuai karakter bisnis Anda atau menggunakan hashtag relevan yang sudah ada sebelumnya. Umumnya, tiga sampai lima hashtag dalam satu postingan sudah cukup efisien.
 
5. Promosikan konten terbaik
Instagram menyediakan beberapa format iklan untuk Feed dan Stories, seperti Promote Feed, Stories Ads, dan Carousel Ads.

Fitur Promote ini memungkinkan bisnis menjangkau audiens yang lebih luas. Anda dapat menggunakan Promote Feed untuk mengiklankan unggahan terbaik. Namun, mengingat kini Instagram Stories dikonsumsi 32 persen lebih cepat dibandingkan Feed, Anda juga dapat menampilkan iklan di Stories.

Ada dua format iklan yang ditawarkan Instagram Stories, yaitu foto berdurasi lima detik atau video berdurasi 15 detik.


(MMI)

Advan G3, Bodi Keren Speaker Mumpuni
Review Smartphone

Advan G3, Bodi Keren Speaker Mumpuni

4 days Ago

Advan adalah produsen smartphone¬†lokal yang bisa dibilang pejuang sejati.¬†

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.