Tips & Trik

Mengakses Situs Tanpa Koneksi Internet, Memang Bisa?

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 08 Sep 2017 18:51 WIB
tips dan trik teknologi
Mengakses Situs Tanpa Koneksi Internet, Memang Bisa?
Anda bisa mengunduh situs untuk dibaca kembali saat tidak terhubung ke internet dengan memanfaatkan aplikasi berikut.

Metrotvnews.com, Jakarta: Kegiatan membaca kini tidak lagi hanya bergantung pada keberadaan buku atau bahan bacaan fisik. Perkembangan teknologi dan internet kini memungkinkan penggunanya untuk membaca di lokasi tertentu melalui buku, koran ataupun majalah dalam bentuk fisik.

Kini masyarakat dapat mengakses berbagai informasi tanpa perlu mengkhawatirkan batasan wilayah ataupun waktu, serta banyaknya informasi yang dapat mereka diperoleh. Namun, bukan berarti kemudahan yang dihadirkan teknologi dan internet tersebut tidak memiliki keterbatasan.

Kekuatan sinyal internet yang tidak stabil sering kali mengganggu kesenangan membaca dan memperoleh informasi tersebut. Berikut kami sajikan langkah yang dapat Anda lakukan untuk tetap dapat membaca informasi di situs, meski tanpa ketersediaan jaringan internet, dengan mengunduhnya.

Pengguna peramban berbasis sistem operasi Windows, Linux dan Android dapat memanfaatkan aplikasi HTTrack. Aplikasi ini memanfaatkan pendekatan berbasis proyek, memungkinkan Anda untuk menyalin sejumlah situs dan menyimpannnya secara terorganisir.



Pada aplikasi ini, Anda juga dapat menghentikan proses selama beberapa waktu dan melanjutkannya pada saat yang diinginkan. Selain itu, Anda juga dapat melakukan update pada salinan situs dengan mengunduh kembali file lama dan baru.

Untuk mengunduh situs melalui HTTrack, Anda perlu menginstal dan meluncurkan aplikasi, kemudian klik Next untuk mulai membuat proyek baru. Beri nama, kategori, dan jejak dasar proyek yang Anda ingin buat, sebelum mengklik Next.

Pilih Download web site(s) pada kolom Action, kemudian ketik URL situs yang ingin diunduh pada kotak Web Addresses, dengan urutan satu URL per baris. Anda dapat menyingkat URL pada file TXT dan mengimpornya, memudahkan saat ingin mengunduh ulang situs yang sama di kemudian hari, lalu klik Next.

Kemudian, sesuaikan parameter seperti keinginan Anda lalu klik Finish. Setelah situs telah diunduh, Anda dapat menelusuri situs seperti biasa, dengan mengakses file yang telah diunduh dan membuka index.html atau index.htm pada peramban.



Sementara itu, jika merupakan pengguna perangkat Mac atau iOS, Anda dapat menggunakan aplikasi SiteSucker. Aplikasi ini menawarkan alat sederhana untuk mengunduh situs dan menjaga struktur secara keseluruhan yang sama, termasuk file media relevan.

Aplikasi ini dilengkapi dengan antarmuka sederhana dan mudah digunakan, memungkinkan Anda melakukan paste URL situs yang diinginkan dan menekan tombol Enter. Aplikasi ini juga dibekali dengan kemampuan untuk menyimpan hasil unduhan ke dalam bentuk file.

Kemampuan tersebut memungkinkan Anda mengunduh file dan struktur yang sama di kemudian hari atau pada mesin berbeda. Fitur ini juga memungkinkan SIteSUcker untuk menghentikan proses unduh sementara waktu dan melanjutkannya di saat yang diinginkan.

Anda dapat memperoleh aplikasi dengan harga terjangkau, meski tidak didukung oleh versi gratis atau versi percobaan gratis. Versi terbaru SiteSucker juga mengharuskan perangkat menggunakan sistem operasi macOS 10.11 El Capitan atau terbaru.


(MMI)

Video /