Tips & Trik

Periksa Statistik Musik Anda di Spotify Selama 2017 dengan Cara Ini

Cahyandaru Kuncorojati    •    Kamis, 14 Dec 2017 12:07 WIB
tips dan trik teknologispotify
Periksa Statistik Musik Anda di Spotify Selama 2017 dengan Cara Ini
Aplikasi streaming musik Spotify.

Jakarta: Mendengar musik lewat layanan streaming semakin populer karena menyimpan lagu di smartphone akan memakan kapasitas memori internal. 

Layanan streaming musik juga memiliki banyak benefit, yakni koleksi lagu yang sangat lengkap dari berbagai musisi dan genre. Selain itu, harga langganan layanannya juga tergolong jauh lebih murah dengan kualitas audio yang juga jauh lebih bagus jenisnya.

Misalnya Spotify merupakan salah satu penyedia layanan musik streaming yang sudah hadir di Indonesia lebih dari setahun. Menjelang akhir tahun 2017, Spotify menyediakan akses statistik penggunaan sepanjang 2017.

Dalam statistik, tersebut Anda bisa melihat informasi lagu yang paling sering diputar, musisi yang paling Anda favoritkan, dan lain-lain. Jika Anda penasaran, Metrotvnews.com sudah merangkum cara mudah mengaksesnya.

1. Gunakan peramban internet
Buka aplikasi peramban internet Anda di smartphone maupun komputer. Lalu ketik 2017wrapped.com. Perlu diketahui bahwa statistik ini berdasarkan aktivitas Anda menggunakan layanan Spotify.

Apabila Anda belum pernah menggunakan Spotify maka sangat besar kemungkinan statistik yang Anda miliki kosong. Untuk mengakses statistik tersebut Anda akan diminta terhubung ke layanan Spotify. 



2.Pilih akses ke akun Spotify
Jika sudah memilih menu 'terhubung dengan Spotify' pada tampilan halaman sebelumya kini  maka Anda dialihkan ke halaman berisi kolom untuk terakses ke akun Spotify. Anda bisa memilih mengisi dengan username atau alamat email dan password akun Spotify atau akun Facebook.

Jika Anda lupa akun Spotify Anda, pilih login menggunakan akun Facebook. Ini bisa jadi pilihan apabila Anda pernah mengsinkronisasi akun Spotify Anda dengan akun Facebook. Anda kini cukup memasukkan nama pengguna atau alamat email dan password akun Facebook.



3. Mainkan kuis tentang statistik Spotify Anda
Jika sudah masuk, Anda akan diberikan tantangan terlih dahulu berupa 3 atau 5 pertanyaan terkait musik yang Anda dengarkan di Spotify, misalnya lagu terfavorit atau artis terfavorit. 



Selanjutnya, Spotify akan menampilkan hasil jawaban Anda yang benar. Spotify mengolah informasi aktivitas Anda dalam bentuk statistik.



Tidak menunggu lama, Spotify akan menampilkan beragam statistik yang menceritakan kembali aktivitas Anda mendengarkan musik lewat Spotify sepanjang 2017. Anda juga bisa membagikannya untuk dibandingkan dengan rekan Anda yang juga menggunakan Spotify.



4. Bonus daftar musik 2017 di Spotify
Pada bagian akhir statistik Anda juga diberikan hadiah dari Spotify yakni bonus playlist musik yang Anda gemari selama 2017. Jadi, Anda tidak perlu membuat ulang playlist lagu di layanan Spotify dan mesti mengingat kembali satu per satu lagu yang populer kesukaan Anda sepanjang 2017.






(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.