Tips & Trik

Baca Metrotvnews.com via Opera, Ini Caranya

Cahyandaru Kuncorojati    •    Kamis, 28 Sep 2017 11:01 WIB
tips dan trik teknologiopera software
Baca Metrotvnews.com via Opera, Ini Caranya
Anda bisa baca Metrotvnews.com via Opera

Metrotvnews.com, Jakarta: Opera bukan peramban baru bagi pengguna ponsel. Ia sudah ada sebelum sistem operasi Android atau iOS lahir. Opera dikenal sebagai peramban dengan tampilan sederhana dan ringan, sehingga cocok untuk koneksi internet yang kurang bagus.

Opera Mini adalah varian dari peramban internet milik Opera yang lebih ringan lagi, menjadi pendukung ketika performa peramban lain di ponsel Anda tidak bisa bekerja sama dengan koneksi internet yang kurang bagus.

Pada Opera Mini terdapat fitur peramban internet tersebut bisa menampilkan artikel berita dari berbagai sumber atau disebut news agregator. Fitur ini biasa akan memberikan notifikasi ketika ada daftar berita terbaru yang terkumpul. Fitur ini bisa diubah, baik menampilkan kategori berita yang Anda sukai saja atau menonaktifkannya.

Pertama, ketika masuk ke aplikasi Opera Mini di halaman pertamanya, akan ada tampilan akses pintas ke beberapa jenis situs yang bermitra dengan opera, biasanya situs layanan media sosial dan e-commerce. Pada bagian bawah akan langsung tampil daftar berita yang sudah dikumpulkan atau dikurasi oleh Opera. Pilihan menu peramban ini terdapat di pojok kanan bawah yang ditandai dengan ikon lingkaran berwarna merah yang merupakan logo Opera.





Lalu akan muncul sebuah kotak kecil dengan 4 ikon berjejer di bagian atas. Menu pengaturan ditandai dengan ikon sekrup. Pilih ikon tersebut. Di sini akan tersedia berbagai pengaturan untuk peramban Opera Mini. Untuk pengaturan fitur news agregator, pilih "konten halaman awal". Apabila sudah maka Anda akan melihat pilihan untuk mengatur berita.

Pada halaman tersebut tersedia panel geser untuk menonaktifkan berita terkait dunia hiburan yang memang lebih populer. Untuk kategori berita lainnya terdapat persis di bagian pilihan berita. Jika Anda memilih menu 'pilihan berita' maka tersedia pilihan kategori berita yang ingin ditampilkan dan negara asal berita tersebut. Jadi Anda bisa mengetahui berita yang sedang populer di berbagai belahan dunia.



Jika Anda merasa tidak membutuhkan fitur news agregator, Anda cukup menonaktifkannya dengan menggeser panel di halaman sebelumnya.

Sementara itu, jika Anda punya situs berita favorit, Anda bisa menyimpan alamat situs tersebut di bagian atas, dekat dengan shortcut untuk situs media sosial dan e-commerce. Di bagian paling atas dari halaman muka peramban Opera Mini, di bawah search bar, Anda akan menemukan berbagai ikon untuk situs media sosial dan e-commerce.



Ada satu kotak dengan lambang "+". Ketuk ikon tersebut. Anda akan diminta untuk memasukkan alamat situs favorit Anda. Setelah itu, ketuk "Done". Dengan begitu, setiap Anda membuka Opera Mini, Anda bisa langsung mengakses situs tersebut. Meskipun Anda memasukkan alamat situs untuk desktop, misalnya "metrotvnews.com", Opera Mini akan tetap membuka versi mobile dari situs tersebut secara otomatis. 




(MMI)

Video /