Tips & Trik

Cara Print Email dari Gmail untuk iOS

Lufthi Anggraeni    •    Sabtu, 16 Sep 2017 07:27 WIB
tips dan trik teknologismartphone
Cara Print Email dari Gmail untuk iOS
Anda dapat mencetak email dari akun Gmail versi iOS melalui langkah berikut.

Metrotvnews.com, Jakarta: Email kini telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan keseharian masyarakat. Tidak hanya soal pekerjaan, kian tingginya kemunculan media sosial dan aktivitas belanja online juga mendorong penggunaan email yang kian aktif.

Sebab media sosial dan e-commerce mengharuskan konsumen mendaftarkan email, guna dapat menikmati fitur dan layanan yang mereka suguhkan secara penuh. Kegiatan ini tidak jarang juga mengharuskan pengguna mencetak isi email tersebut. Cara termudah untuk mencetak email adalah melalui versi desktop.

Pembaruan memungkinkan Anda mencetak email dari Gmail versi iOS. Anda dapat mencetak via AirPrint atau via Google Could Print. Berikut langkah yang dapat Anda lakukan untuk mencetak email dari Gmail versi iOS tersebut.

Siapkan Printer
Jika printer dengan kompatibilitas pencetakan via AirPrint, Anda dapat mengonfigurasikannya. Namun jika tidak, sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan Google Cloud Print dan menghubungkan ponsel dan printer Wi-Fi dan printer klasik. Atur printer sebelum mulai mencetak email.

Cetak Email dari Gmail versi iOS
Karena fitur baru, Anda perlu melakukan update Google for iOS. Buka pesan di aplikasi dan ketuk ikon tiga titik di sudut kanan atas untuk menampilkan lebih banyak pilihan dan pilih 'Print All' dari menu. Pilih cara yang diinginkan untuk mencetak, seperti via AirPrint atau Google Cloud Print. Pilih printer, dan tentukan jumlah yang ingin dicetak.





Baik AirPrint atau Google Cloud Print tidak membatasi file yang dapat dicetak, dan Google Cloud Print dapat digunakan pada printer klasik. Pesan berisi teks secara keseluruhan dapat dicetak tanpa masalah, namun pesan dengan lampiran atau pesan hanya dengan lampiran tanpa teks mengalami kesulitan saat dicetak.

Setelah dicetak, hasil cetakan tidak akan menampilkan tanda yang menginidkasikannya dicetak melalui aplikasi mobile, dan seolah dicetak melalui desktop. Hasil cetakan akan menampilkan logo Gmail di bagian atas, subject email, tanggal pengiriman, dan alamat email tujuan. Selain itu, Anda juga dapat menemukan alamat email penerima pesan di kolom To, CC, dan BCC, lengkap dengan pesan.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.