Tips & Trik

Kamera Seperti Apa yang Anda Butuhkan?

Riandanu Madi Utomo    •    Minggu, 03 Sep 2017 10:46 WIB
Kamera Seperti Apa yang Anda Butuhkan?
Kamera mirrorless Sony A9 (foto: istimewa)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tidak bisa disangkal lagi bahwa kamera merupakan salah satu benda yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan modern. Selain bisa menghasilkan sebuah karya seni fotografi, kamera juga merupakan alat utama bagi fotografer profesional dalam bekerja. Sementara di sisi lain, kamera banyak digunakan untuk mengabadikan berbagai momen khusus. 

Namun kamera seperti apa yang Anda butuhkan? Berikut adalah penjelasan perbedaan tiga kategori utama kamera yang ada saat ini agar Anda bisa menyesuaikan diri dengan kebutuhan:

1. Interchangeable Lens Camera

Interchangeable Lens Camera (ILC) merupakan kamera yang lensanya bisa diganti. Jenis kamera ini memungkinkan Anda untuk memiliki beragam jenis lensa sesuai dengan kebutuhan. Kamera ini biasanya digunakan oleh fotografer profesional dan cocok bagi Anda yang memang ingin serius menggeluti fotografi. Ada dua jenis ILC saat ini, yaitu kamera DSLR dan Mirrorless. 



2. Fixed Lens Camera

Kebalikan dengan ILC, Fixed Lens Camera (FLC) merupakan jenis kamera yang lensanya tidak dapat diganti. Jenis kamera ini banyak ragamnya, mulai dari kamera saku (pocket camera), hingga kamera aksi (action camera). Meski lensanya tidak dapat diganti, namun jenis kamera ini biasanya menawarkan penggunaan yang lebih mudah. Itu sebabnya kamera ini lebih banyak digunakan oleh pengguna pemula.



3. Kamera Ponsel

Harus diakui jenis kamera ketiga ini memang merupakan kamera yang paling banyak digunakan saat ini. Meski memiliki banyak keterbatasan seperti memiliki sensor yang sangat kecil hingga lensanya yang tidak dapat diganti, namun kamera ponsel semakin hari terus berevolusi semakin baik. Fungsinya yang beragam, sangat fleksibel, mudah digunakan, dan bisa terhubung langsung ke jaringan internet membuat kamera ini sangat cocok digunakan dalam kegiatan sehari-hari.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.