Tips & Trik

Kamera Seperti Apa yang Anda Butuhkan?

Riandanu Madi Utomo    •    Minggu, 03 Sep 2017 10:46 WIB
Kamera Seperti Apa yang Anda Butuhkan?
Kamera mirrorless Sony A9 (foto: istimewa)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tidak bisa disangkal lagi bahwa kamera merupakan salah satu benda yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan modern. Selain bisa menghasilkan sebuah karya seni fotografi, kamera juga merupakan alat utama bagi fotografer profesional dalam bekerja. Sementara di sisi lain, kamera banyak digunakan untuk mengabadikan berbagai momen khusus. 

Namun kamera seperti apa yang Anda butuhkan? Berikut adalah penjelasan perbedaan tiga kategori utama kamera yang ada saat ini agar Anda bisa menyesuaikan diri dengan kebutuhan:

1. Interchangeable Lens Camera

Interchangeable Lens Camera (ILC) merupakan kamera yang lensanya bisa diganti. Jenis kamera ini memungkinkan Anda untuk memiliki beragam jenis lensa sesuai dengan kebutuhan. Kamera ini biasanya digunakan oleh fotografer profesional dan cocok bagi Anda yang memang ingin serius menggeluti fotografi. Ada dua jenis ILC saat ini, yaitu kamera DSLR dan Mirrorless. 



2. Fixed Lens Camera

Kebalikan dengan ILC, Fixed Lens Camera (FLC) merupakan jenis kamera yang lensanya tidak dapat diganti. Jenis kamera ini banyak ragamnya, mulai dari kamera saku (pocket camera), hingga kamera aksi (action camera). Meski lensanya tidak dapat diganti, namun jenis kamera ini biasanya menawarkan penggunaan yang lebih mudah. Itu sebabnya kamera ini lebih banyak digunakan oleh pengguna pemula.



3. Kamera Ponsel

Harus diakui jenis kamera ketiga ini memang merupakan kamera yang paling banyak digunakan saat ini. Meski memiliki banyak keterbatasan seperti memiliki sensor yang sangat kecil hingga lensanya yang tidak dapat diganti, namun kamera ponsel semakin hari terus berevolusi semakin baik. Fungsinya yang beragam, sangat fleksibel, mudah digunakan, dan bisa terhubung langsung ke jaringan internet membuat kamera ini sangat cocok digunakan dalam kegiatan sehari-hari.


(MMI)