Tips & Trik

Begini Cara Periksa Isi Cloud Gratis Akun Google Anda

Cahyandaru Kuncorojati    •    Selasa, 01 May 2018 22:01 WIB
googletips dan trik teknologi
Begini Cara Periksa Isi Cloud Gratis Akun Google Anda
Aplikasi bawaan Google di smartphone Android.

Jakarta: Sebagian dari Anda mungkin ada yang belum mengetahui bahwa setiap Anda membuat akun Google yang kemudian digunakan pada smartphone Anda, secara langsung Anda mendapatkan kapasitas penyimpan awan dari Google.

Kapasitas gratis yang diberikan oleh Google sebesar 17GB, namun perlu diketahui bahwa kapasitas tersebut dibagi bersama untuk beberapa layanan Google yang Anda gunakan, misalnya Gmail, Google Photos, dan Google Drive.

Berikut ini Medcom.id telah membuat panduan mudah untuk mengetahui isi dari kapasitas cloud gratis yang sudah diberikan dan cara menghapusnya apabila hampir penuh.

1. Masuk ke akun Gmail
Langkah pertama adalah masuk ke layanan Gmail Anda. Pada halaman pertama Anda akan langsung disajikan halamana Inbox, geser halaman tersebut ke bawah hingga Anda menemukan tulisan di bagian bawah kiri yang menunjukkan jumlah kapasitas yang sudah digunakan dari total 17GB.

Disini Anda sudah bisa mengetahui berapa banyak yang terpakai dan tersisa tapi Anda perlu mengetahui jenis layanan Google apa yang paling banyak memakan kapasitas cloud yang diberikan Google secara gratis. Klik tulisan "Manage" yang ada persis di bawahnya.



2. Mengakses informasi kapasitas cloud Google
Setelah melakukan langkah pertama, Anda akan disajikan halaman berisi diagram yang menampilkan berapa banyak kapasitas cloud Google yang sudah Anda gunakan. Di sebelahnya tersedia pilihan untuk membayar langganan biaya untuk menambah kapasitas cloud apabila Anda tidak mau repot menghapus satu persatu.



Untuk melihat lebih detil informasi mengenai penggunaan kapasitas cloud gratis dari Google Anda bisa memilih opsi menu bertuliskan"View Details". Anda akan disuguhkan informasi konsumsi kapasitas penyimpanan cloud Google dari tiga layanan Google seperti Google Drive, Gmail, dan Google Photos.



3. Cara menyediakan ruang penyimpanan yang lebih lega
Apabila Anda ingin mengetahui cara menyediakan ruang yang lebih di layanan penyimpanan cloud Google maka klik opsi "Learn more". Selanjutnya Anda akan dialihkan ke panduan untuk menghapus isi atau file yang Anda simpan di tiga layanan Google tadi.

Meskipun begitu Google tetap akan menyarankan cara yang lebih mudah yakni dengan berlangganan kapasitas penyimpanan cloud yang sudah ditawarkan dalam nilai mata uang Rupiah.


(MMI)

Advan G3, Bodi Keren Speaker Mumpuni
Review Smartphone

Advan G3, Bodi Keren Speaker Mumpuni

6 days Ago

Advan adalah produsen smartphone¬†lokal yang bisa dibilang pejuang sejati.¬†

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.