Tips & Trik

6 Cara Lindungi Kabel Elektronik

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Minggu, 11 Jun 2017 15:39 WIB
tips dan trik teknologi
6 Cara Lindungi Kabel Elektronik
Ilustrasi.

Metrotvnews.com, Jakarta: Ada beberapa cara mudah untuk melindungi kabel di rumah sehingga Anda tidak perlu sering menggantinya. Beberapa cara sederhana di bawah ini sebaiknya digunakan untuk kabel tegangan rendah seperti kabel charging ponsel, kabel controller konsol atau kabel headphone

Menurut CNET, untuk kabel yang berukuran besar yang rusak, Anda sebaiknya membuangnya untuk menghindari tersetrum atau kebakaran. Sebelum mencoba tips di bawah ini, sebaiknya Anda cabut kabel dari colokannya. 

1. Lindungi kabel dengan pipa
Apa Anda punya hewan peliharaan? Terkadang, hewan peliharaan suka untuk menggigit kabel di rumah Anda. Cara mudah untuk melindungi kabel dari gigitan hewan peliharaan adalah dengan melapisi kabel dengan pipa vinyl. Potong bagian bawah pipa/selang dan masukkan kabel yang rentan digigit oleh binatang peliharaan Anda. 

2. Lapisi kabel dengan spiral wrap/pembungkus kabel
Jika memotong selang terdengar terlalu merepotkan, Anda juga bisa mencari produk yang disebut spiral wrap atau pembungkus kabel untuk melapisi kabel di rumah Anda. Satu keuntungan dari pembungkus kabel adalah Anda bisa menyatukan beberapa kabel. 

Foto: eBay

3. Cegah kabel menjadi berjumbai dengan pulpen
Beberapa kabel rentan menjadi berjumbai, seperti kabel charger ponsel atau headphone. Anda bisa menghindari ini dengan memanfaatkan per pada pulpen. Pertama, Anda harus membongkar pulpen kemudian mengambil pernya. Renggangkan per sedikit dan masukkan ke bagian ujung kabel.

4. Las kabel yang telah berjumbai
Jika kabel Anda sudah terlanjur berjumbai, Anda bisa membentulkannya dengan mengelasnya kembali. Sebelum mengelas kabel menggunakan las plastik, sebaiknya Anda membersihkan kabel terlebih dulu. 

5. Manfaatkan Lego
Tahukah Anda, orang-orangan Lego memiliki ukuran tangan yang tepat untuk memegang kabel? Anda bisa menggunakan double tape untuk melekatkan orang-orangan Lego di tempat dimana kabel berada. Jika kabel tidak digunakan, Anda bisa mengaitkannya ke tangan Lego sehingga kabel sulit untuk dicapai oleh anjing atau kucing Anda.

6. Jangan injak kabel
Jika rumah Anda hanya memiliki sedikit colokan listrik, maka kemungkinan besar, akan ada banyak kabel akan simpang siur di tempat-tempat orang berjalan. Menginjak kabel dapat merusak kabel dengan cepat. Cara terbaik untuk melindungi kabel adalah dengan menggunakan cable bridge protector. 

Foto: Alibaba



(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.