Tips & Trik

Cara Tangani Pelanggan Ketika Situs Bermasalah

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Sabtu, 28 Oct 2017 12:42 WIB
tips dan trik teknologicyber security
Cara Tangani Pelanggan Ketika Situs Bermasalah
Ilustrasi.

Metrotvnews.com, Jakarta: Tak ada gading yang tak retak. Sebaik apapun seseorang mengelola situsnya, selalu ada kemungkinan situs lumpuh. Alasannya pun beragam, mulai dari performa penyedia hosting yang kurang baik sampai serangan siber seperti Distributed Denial of Service (DDoS). 

Menurut data dari Verisign, industri teknologi informasi dan keuangan merupakan dua industri yang menjadi sasaran utama dari serangan DDoS. Selain perusahaan besar, para penyerang siber juga mulai tertarik untuk menyerang Usaha Kecil Menengah (UKM). 

Ketika situs Anda lumpuh, tentunya akan mengecewakan pelanggan yang biasa mengaksesnya. Hal ini bisa membuat mereka enggan untuk kembali mengunjungi situs Anda. Apa yang harus Anda lakukan untuk memulihkan reputasi yang rusak akibat situs yang lumpuh?

1. Jujur
Ketika situs Anda lumpuh, sebaiknya Anda secara jujur mengatakan apa yang terjadi. Jika situs lumpuh karena masalah teknis, maka jelaskan hal ini. Sebaiknya Anda juga menjelaskan apa yang Anda lakukan untuk menyelesaikan masalah itu. Sementara jika situs Anda menjadi korban dari serangan siber, maka Anda memiliki kewajiban untuk menginformasikan hal ini pada pelanggan Anda dan menjelaskan bahwa data mereka berisiko berpindah tangan.

2. Hubungi audiens Anda
Setelah tahu bahwa situs Anda mengalami masalah, ada kemungkinan pelanggan enggan untuk mengunjungi situs Anda lagi. Jika Anda memiliki daftar email distribusi, tidak ada salahnya jika Anda mengirimkan pesan untuk menjelaskan tentang permasalahan yang Anda alami. Anda juga bisa memberitahukan bahwa situs Anda telah kembali beroperasi. Selain email, Anda juga bisa memberitahukan pelanggan Anda melalui media sosial.

3. Berikan kompensasi pelanggan
Untuk mengembalikan kepercayaan pelanggan, Anda bisa merayu mereka dengan memberikan penawaran khusus. Misalnya dengan memberikan kode voucher yang bisa mereka gunakan di situs Anda. Anda bisa mengirimkan ini melalui email. 

Kesalahan adalah hal yang lumrah terjadi. Bahkan Dyn, penyedia Domain Network Services (DNS) untuk berbagai perusahaan besar seperti Twitter, sekalipun pernah lumpuh karena serangan siber. Satu hal yang harus Anda harus perhatikan adalah cara Anda merespon kesalahan itu.

Meskipun situs Anda pernah bermasalah, jika Anda bisa menghadapinya dengan baik, Anda bisa tetap mempertahankan pelanggan Anda. 


(MMI)