Tips & Trik

Anda Bisa Nonton YouTube dan Tetap Hemat Paket Data, Caranya?

Cahyandaru Kuncorojati    •    Kamis, 30 Nov 2017 10:52 WIB
youtubetips dan trik teknologi
Anda Bisa Nonton YouTube dan Tetap Hemat Paket Data, Caranya?
Logo aplikasi YouTube.

Jakarta: Kebanyakan pengguna smartphone akan mereferensikan YouTube sebagai penyedia konten video. Seperti yang diketahui bahwa YouTube sendiri menyediakan fitur download atau unduh video yang legal alias resmi bagi para penikmat YouTube yang takut kuotanya habis.

Sayangnya, langkah untuk mengunduh tersebut agak sulit bagi sebagian orang karena mereka harus membaca langkah untuk menemukan ikon fitur unduh video. Pihak YouTube mengerti penggunanya, sehingga beberapa waktu lalu YouTube meresmikan versi final dari aplikasi YouTube versi ringan yaitu YouTube Go.

YouTube Go menyediakan layanan yang serupa dengan YouTube biasa. Hanya saja, aplikasi ini jauh lebih ringan ketika dipergunakan di smartphone, dan penggunanya bisa dengan mudah mengunduh video yang disukai sehingga bisa dinikmati tanpa internet.

Tim Metrotvnews.com yang sudah mencoba mengakui bahwa aplikasi ini jauh lebih ringan dengan tampilan yang lebih sederhana. Berikut panduan menggunakan aplikasi YouTube Go yang sudah dirangkum oleh Metrotvnews.com.

1. Pasang aplikasi YouTube Go
Aplikasi YouTube Go bisa dengan mudah ditemukan pada layanan Google Play Store. Pada tampilan Google Play Store dituliskan bahwa aplikasi ini dibuat oleh developer Google LLC. Pastikan hal tersebut sesuai. jika berbeda maka Anda patut curiga bahwa aplikasi yang Anda temukan adalah tiruan.

2. Mengenal antarmuka YouTube Go
Tidak perlu khawatir cara menggunakan YouTube Go sebab aplikasi ini memiliki tampilan atau antarmuka yang jauh sederhana ketimbang YouTube yang biasanya dan hanya ada beberapa ikon.



Pertama di bagian atas kanan tampilan aplikasi tersedia 3 ikon. Dimulai dari kiri adalah ikon untuk berbagai video yang kita unduh dengan orang lain lewat fitur Bluetooth. YouTube Go menyediakan fitur yang serupa seperti yang sudah ada di smartphone supaya proses berbagai video lebih cepat dan mudah.

Ikon kedua yang disimbolkan dengan kaca pembesar adalah fitur pencarian seperti yang ada di YouTube selama ini. Lalu ikon paling ujung juga tidak berbeda dengan sebelumnya yaitu fitur pengaturan akun Google untuk aplikasi YouTube.

Beralih ke bagian bawah ada dua pilihan menu untuk berganti halaman. Pertama adalah ikon Home untuk kembali ke halaman awal YouTube Go. Kedua adalah ikon Downloads yang berisi seluruh video yang sedang atau sudah diunduh sehingga bisa ditonton secara offline.

3. Cari dan unduh video
Kini saatnya Anda mencoba aplikasi YouTube Go. Pertama Anda harus menggunakan ikon pencarian dan mengetikkan video yang ingin Anda tonton. Setelah melakukan pencarian maka halaman akan terisi dengan daftar video yang relevan dengan pencarian Anda.



Perbedaan yang paling terlihat di YouTube Go ketimbang aplikasi YouTube biasanya adalah pencarian jauh lebih cepat dan proses video untuk siap ditonton juga terasa ringan. Saat Anda mengklik video maka YouTube Go akan terlebih dahulu menampilkan kotak dialog.

Kotak dialog ini berisi pilihan untuk menonton atau mengunduh video tersebut. Secara jelas YouTube Go akan menampilkan 3 pilihan kualitas resolusi video beserta jumlah data internet yang dikonsumsi jika Anda menonton atau menunduh video tersebut.



Oleh sebab itu, Anda tidak perlu cemas kuota data internet Anda tiba-tiba habis karena kini YouTube Go menampilkan informasi yang lebih jelas. Setiap video yang diunduh akan dapat ditonton pada halaman Download yang tersedia di halaman awal aplikasi YouTube Go.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.