Tips & Trik

Keluar dari Grup WhatsApp Diam-Diam, Mungkinkah?

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 25 Aug 2017 15:30 WIB
tips dan trik teknologiwhatsapptips dan trik whatsapp
Keluar dari Grup WhatsApp Diam-Diam, Mungkinkah?
Ini cara mematifkan notifikasi pada grup WhatsApp.

Metrotvnews.com, Jakarta: Fitur grup WhatsApp memudahkan Anda mengobrol dengan keluarga dan teman. Terkadang, keberadaan grup justru mengganggu. Misalnya ketika Anda ingin fokus bekerja, sementara teman-teman Anda justru sibuk mengobrol di grup, membuat ponsel Anda terus berbunyi dengan notifikasi pesan. 

Tentu saja, Anda bisa keluar dari grup. Namun, ketika Anda keluar, akan muncul notifikasi yang akan dilihat oleh semua anggota grup, dan ini terkesan tidak sopan untuk sebagian orang. Meski tidak ada cara untuk keluar dari grup WhatsApp diam-diam, Anda bisa mematikan notifikasi grup sehingga Anda tidak akan terganggu ketika Anda sibuk. 

Inilah cara untuk mematikan notifikasi grup pada WhatsApp. 

Android
Untuk mematikan notifikasi grup WhatsApp pada Android, pertama Anda harus masuk ke grup chat yang ingin Anda matikan notifikasinya. Setelah itu, masuk ke dalam Menu yang dilambangkan dengan tiga titik vertikal pada kanan atas. Di sana, Anda akan menemukan opsi "Mute notifications". Tap pilihan tersebut dan Anda akan bisa memilih berapa lama Anda ingin mematikan notifikasi grup.

Tiga opsi yang WhatsApp berikan adalah 8 jam, 1 minggu dan 1 tahun. Jika Anda ingin memang jarang membuka grup chat atau hanya menjadi pembaca alias silent reader, sebaiknya Anda memilih opsi 1 tahun. Tetapi, jika Anda hanya ingin mematikan notifikasi sementara, Anda bisa memilih opsi 8 jam. 



Cara lain untuk mematikan notifikasi adalah dengan masuk ke Menu, lalu pilih opsi "Group Info". Di bawah gambar profil grup, Anda akan menemukan opsi "Mute notifications", nonaktifkan notifikasi dengan menggeser tombol ke kiri. Sama seperti sebelum ini, Anda akan diberikan durasi notifikasi grup berada dalam keadaan mati. 

iPhone
Untuk mematikan notifikasi chat grup di iPhone, pertama, masuk ke grup yang hendak Anda matikan notifikasinya. Kemudian tap nama grup pada bagian atas untuk masuk ke grup info. Di sini, cari opsi Mute. Ketika Anda mengaktifkan pilihan ini, Anda akan diminta untuk memilih durasi lama notifikasi dalam keadaan mati. Sama seperti Android, terdapat 3 opsi yang bisa Anda pilih: 8 jam, 1 minggu dan 1 tahun. 



PC
Anda juga bisa mematikan notifikasi grup WhatsApp melalui komputer. Cara melakukannya pun tidak jauh berbeda. Pada WhatsApp Web, pilih grup yang notifikasinya ingin Anda matikan. Kemudian masuk ke Menu dan pilih opsi Mute. Anda juga bisa melakukan hal ini dengan masuk ke Group Info dan mengaktifkan Mute. 




(MMI)