Tips & Trik

Lupa Obrolan di WhatsApp? Cari Pakai Cara Ini

Cahyandaru Kuncorojati    •    Selasa, 21 Nov 2017 10:31 WIB
tips dan trik teknologiwhatsapp
Lupa Obrolan di WhatsApp? Cari Pakai Cara Ini
Aplikasi WhatsApp menjadi aplikasi messenger yang paling banyak dipergunakan oleh pengguna smartphone.

Metrotvnews.com, Jakarta: WhatsApp memudahkan kita mengobrol dengan banyak orang dalam waktu yang sama. Oleh karena itu, tidak heran jika Anda melihat sekali jendela percakapan yang muncul.

Karena telalu asyik mengobrol dengan begitu banyak orang lewat WhatsApp kadang, kita lupa dengan obrolan yang pernah dibahas. Kita lupa persisnya obrolan tersebut apa dan kapan.

WhatsApp sendiri memiliki fitur pencarian untuk menemukan setiap obrolan yang pernah Anda lakukan. Bahkan, pencarian tersebut bisa dilakukan hingga pencarian kata tertentu.

Obrolan yang Anda cari bisa ditemukan oleh WhatsApp, tapi dengan syarat obrolan dengan kontak tersebut belum Anda hapus dari layanan. Berikut Metrotvnews.com sudah merangkum cara menggunakan fitur pencarian atau search.

1. Mengetahui lokasi fitur pencarian
Anda harus tahu lokasi fitur tersebut di aplikasi WhatsApp. Apabila sudah membuka WhatsApp, alihkan perhatian ke sudut kiri atas tampilan WhatsApp. Anda akan menemukan ikon kaca pembesar.



2. Ketik obrolan atau informasi yang ingin dicari
Apabila Anda mengklik ikon tadi, layanan WhatsApp akan langsung menyajikan sebuah kolom di bagian atas. Di kolom ini, ketik kata atau kalimat yang ingin Anda cari pada seluruh obrolan yang masih tersimpan di WhatsApp.



3. Pilih hasil pencarian yang sesuai
Hasil pencarian akan ditampilkan lengkap dengan nama kontak atau grup WhatsApp yang di dalamnya terdapat kata atau kalimat yang Anda cari. Pilih hasil pencarian yang sesuai atau relevan dengan keinginan Anda.

Setiap Anda mengklik hasil pencarian tersebut, WhatsApp akan menampilkan obrolan yang berisi pencarian tadi lengkap dengan informasi hari dan jam. 


 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.