Tips & Trik

GPS di Ponsel Bisa Lebih Akurat, Ini Caranya

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 06 Mar 2018 11:46 WIB
tips dan trik teknologi
GPS di Ponsel Bisa Lebih Akurat, Ini Caranya
Berikut hal yang perlu diperhatikan untuk mengelola akurasi lokasi di perangkat Android Anda.

Jakarta: Lokasi menjadi informasi utama yang dibutuhkan aplikasi terkait dengan akses pada smartphones. Sejumlah aplikasi seperti Google Maps, membutuhkan informasi terkait lokasi ini untuk dapat berfungsi.

Pada perangkat bersistem operasi iOS dan Android, Anda dapat membatasi akses lokasi yang dimiliki oleh aplikasi tertentu. Pada perangkat Android, Anda dapat mengelola akurasi lokasi sehingga aplikasi tidak mengetahui lokasi Anda secara pasti. Berikut langkah yang perlu Anda lakukan.

1. Akses aplikasi Settings dan Location.

2. Jika fitur Location telah aktif, Anda akan menemukan opsi Mode. Layar Location Mode akan menampilkan tiga mode akurasi lokasi yang didukung oleh Android.

3. Memilih mode High Accuracy akan akan mengaktifkan tuas nirkabel dan memungkinkan GPS melacak keberadaan Anda. Mode ini dapat digunakan untuk aplikasi dengan tingkat kebutuhan akurasi tinggi seperti Uber.



4. Sedangkan memilih mode Battery Saving akan mengandalkan jaringan operator, Wi-Fi, dan Bluetooth untuk menentukan lokasi. Namun, mode ini tidak dapat mendukung aplikasi seperti Uber dan Google Maps.

5. Mode Device only merupakan mode lokasi paling terbatas, serta hanya mengandalkan GPS dan sensor pada perangkat untuk menentukan lokasi Anda. Sayangnya, mode ini tidak dapat mendukung sebagian besar aplikasi yang tersedia saat ini.

Penentuan mode akurasi ini hanya berlaku untuk seluruh aplikasi yang Anda miliki, dan tidak dapat ditentukan per aplikasi. Anda dapat mengizinkan atau memblokir aplikasi untuk mengakses lokasi di waktu yang sama.

Selamat mencoba!


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.