Tips & Trik

Cara Hilangkan Centang Biru pada WhatsApp

Riandanu Madi Utomo, Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 18 Aug 2017 18:26 WIB
tips dan trik teknologiwhatsapp
Cara Hilangkan Centang Biru pada WhatsApp
Ini cara untuk menghilangkan dua centang biru pada WhatsApp. (AFP PHOTO / YASUYOSHI CHIBA)

Metrotvnews.com, Jakarta: Dikejar klien seharian memang kadang menjadi tidak menyenangkan. Bayangkan ketika Anda sedang sangat sibuk menyelesaikan satu pekerjaan penting, tiba-tiba ada klien yang menghubungi melalui WhatsApp dan meminta Anda untuk membalas secepatnya. Tentu Anda ingin menyelesaikan satu pekerjaan dulu lalu membalas pesannya setelah pekerjaan tersebut selesai.

Yang menjadi masalah adalah Anda tidak tahu isi pesan dari sang klien sebelum pesan tersebut dibaca. Parahnya, WhatsApp secara otomatis akan memberikan centang biru pada tampilan layar yang menandakan pesan telah dibaca. Otomatis klien berharap pesan segera dibalas. 

Untungnya, WhatsApp masih berbaik hati dengan memberikan opsi agar centang biru tersebut tidak akan tampil meski Anda telah membaca pesannya. Berikut adalah caranya:

Android
Untuk menonaktifkan fitur yang WhatsApp telah sediakan sejak tahun 2014 ini, Anda cukup masuk ke menu Settings yang merupakan salah satu menu ketika Anda melakukan tap pada lambang tiga titik vertikal pada bagian kanan atas. 



Setelah itu, Anda cukup memilih menu Account, kemudian Privacy. Lakukan scroll down sampai Anda menemukan opsi "Read Receipt". Secara default, fitur ini akan aktif -- yang ditandai dengan adanya centang putih dengan latar hijau di sebelahnya. Untuk menonaktifknnya, Anda cukup men-tap centang tersebut. 

iOS
Cara untuk membuat agar dua centang biru tidak muncul pada WhatsApp di iOS tidak jauh berbeda dengan Android. Pertama, Anda perlu masuk ke menu Settings, yang ada pada bagian bawah kanan. Setelah itu, sama seperti pada Android, Anda cukup memilih menu Account, lalu Privacy.



Pada bagian paling bawah dari menu Privacy, Anda akan menemukan opsi "Read Receipt". Anda cukup menggesert tombol ke kiri untuk menonaktifkan fitur ini. 

Satu hal yang diingat, jika Anda memutuskan untuk menonaktifkan fitur "read receipt" ini, maka Anda juga tidak bisa tahu apakah pesan yang Anda kirim sudah dibaca oleh teman Anda. Sementara dalam grup, centang kedua akan muncul setelah semua anggota grup mendapatkan pesan yang Anda kirimkan. Dua centang biru akan muncul setelah semua anggota grup membaca pesan yang Anda kirimkan. 


(MMI)

Lenovo Thinkpad X1 Teranyar Muncul di CES 2018
CES 2018

Lenovo Thinkpad X1 Teranyar Muncul di CES 2018

1 day Ago

Lenovo perkenalkan keluarga baru ThinkPad X1 yang terdiri dari tiga jenis perangkat sekaligus d…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.