Tips & Trik

Atur Siapa Saja yang Melihat Aktivitas WhatsApp Anda, Ini Caranya

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 22 Aug 2017 20:00 WIB
tips dan trik teknologiwhatsapptips dan trik whatsapp
Atur Siapa Saja yang Melihat Aktivitas WhatsApp Anda, Ini Caranya
Ada cara untuk mengatur orang yang bisa melihat status pada WhatsApp. (Shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengguna WhatsApp bisa saling memerika aktivitas terakhir mereka via satu fitur bernama Last Seen. Fitur ini akan menampilkan kapan lawan bicara sedang atau terakhir kali aktif. Untuk sebagian orang, Last Seen cukup mengganggu privasi. 

Untungnya, Anda bisa menentukan siapa saja yang bisa melihat informasi terkait Last Seen. Di WhatsApp, Anda bisa mengubah pengaturan Last Seen. Ada 3 opsi yang sediakan, yaitu Everyone, My Contacts dan Nobody, seperti yang disebutkan oleh NDTV.

Jika Anda memilih opsi Everyone, maka semua pengguna WhatsApp bisa melihat kapan Anda online dan kapan terakhir kali Anda melihat pesan. Sementara jika Anda mengubahnya menjadi "My contacts", informasi tersebut hanya bisa dilihat oleh orang-orang yang masuk ke dalam kontak Anda.

Jika Anda tidak ingin seorang pun melihat informasi tentang kapan ANda terakhir online, Anda bisa memilih opsi "Nobody". Sayangnya, jika Anda online, secara otomatis informasi ini akan bisa dilihat oleh semua orang. Ini cara untuk mengubah pengaturan Last Seen pada WhatsApp. 

Android
Untuk mengubah pengaturan Last Seen cukup mudah. Pada Android, Anda cukup mengklik Menu yang ada di kanan atas yang dilambangkan dengan tiga titik vertikal. Setelah itu, pilih menu Settings lalu pilih Privacy. Pada bagian ini, Anda bisa menentukan siapa saja yang melihat status Last Seen Anda. Di sini, Anda juga bisa menentukan siapa yang bisa melihat informasi pribadi Anda, seperti foto profil dan Status. 



iPhone
Cara untuk mengubah pengaturan Last Seen di iPhone juga tidak jauh berbeda dengan pada Android. Pertama, masuk ke Settings yang ada di bagian kanan bawah. Kemudian masuk ke menu Account dan pilih Privacy. Sama seperti Android, di bagian ini, Anda bisa menentukan siapa saja yang bisa melihat Status, foto profil dan informasi Last Seen Anda. 




(MMI)

Video /