Ramadan 2018

Tiga Aplikasi untuk Buat Kartu Ucapan Idul Fitri

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 11 Jun 2018 15:11 WIB
tips dan trik teknologiRamadan 2018
Tiga Aplikasi untuk Buat Kartu Ucapan Idul Fitri
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

Jakarta: Menjelang lebaran, sudah waktunya Anda mulai mencari kartu ucapan selamat. Jika dulu Anda harus membeli kartu ucapan selamat dan mengirimkannya melalui kantor pos, sekarang, Anda bisa mengirimkan kartu ucapan selamat melalui media sosial.

Memang, Anda bisa mengucapkan selamat hari raya menggunakan kata-kata saja. Namun, menggunakan gambar kartu ucapan selamat akan membuat ucapan Anda terlihat lebih menarik.

Tentu saja, Anda bisa mencari kartu ucapan selamat di internet. Jika Anda ingin membuat kartu ucapan selamat sendiri, Anda bisa mencoba menggunakan beberapa aplikasi ini. 

1. Canva
Anda bisa mencoba Canva melalui aplikasi atau situsnya. Canva bisa digunakan dengan gratis, meski ada beberapa fitur dan elemen -- seperti gambar atau foto -- yang hanya bisa digunakan bagi Anda yang membayar. 

Anda bisa membuat kartu ucapan selamat dari nol dan mengatur layout kartu, menambahkan elemen pada kartu sendiri. Namun, Anda juga bisa menggunakan layout yang telah disediakan oleh Canva. 



Jika Anda memilih untuk menggunakna layout yang telah disediakan, Anda masih bisa melakukan kustomisasi pada kartu ucapan. Misalnya dengan mengubah warna tulisan, besar font, mengganti gambar background dan lain sebagainya. 

2. Fotor
Sama seperti Canva, Fotor memungkinkan Anda untuk membuat kartu ucapan dari nol atau menggunakan layout yang telah ada. 


3. Adobe Spark
Untuk bisa mengakses layanan ini, Anda harus masuk menggunakan akun Google/Facebook/Adobe. Di sini, Anda bisa membuat kartu ucapan dari nol. Anda bisa memilih layout, komposisi warna, menambahkan ikon dan gambar juga teks. Anda juga bisa mengatur desain/font dari tulisan, lengkap dengan warna dan transparansinya. 



Selamat mencoba!


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.