Tips & Trik

Rapikan Isi Google Drive Anda Agar tak Bingung, Caranya?

Cahyandaru Kuncorojati    •    Senin, 20 Nov 2017 09:55 WIB
googletips dan trik teknologi
Rapikan Isi Google Drive Anda Agar tak Bingung, Caranya?
Google Drive adalah layanan dari Google yang menyediakan penyimpanan cloud dengan kapasitas luas.

Metrotvnews.com, Jakarta: Google  menyediakan layanan komputasi awan atau cloud dengan kapasitas yang besar untuk setiap akun Google. Sayang sekali jika Anda yang memiliki akun Google atau Gmail tidak memanfaatkan layanan tersebut.

Mengapa? Sebab Anda tidak lagi perlu membawa flash disk atau media penyimpanan lain yang mudah hilang dan terkena serangan virus. Google Drive bisa dipergunakan untuk berbagai dan backup data Anda.

Anda bisa mencadangkan beragam jenis data, misalnya fokumen, foto, dan video. Namun, jika Anda melakukan backup secara asal unggah hal tersebut akan menyulitkan Anda di kemudian hari. Untuk menghindari hal ini caranya cukup mudah, buat folder yang bisa membuat data Anda lebih rapi.

1. Unduh aplikasi Google Drive di perangkat
Perangkat smartphone biasanya aplikasi Google Drive sudah langsung terpasang, jka belum maka unduh dari layanan Play Store. Buka aplikasinya, biasanya aplikasi Google Drive akan langsung terintegrasi dengan akun Google atau Gmail yang Anda gunakan di smartphone.



Apabila Anda memakai dua akun Google atau Gmail sekaligus di perangkat, maka pilih salah satu. Klik ikon yang ada di sudut kiri atas aplikasi, di sebelah tulisan "My Drive". Nanti akan muncul sebuah side tab, di bagian atas pilih akun Google yang ingin digunakan.



2. Buat folder baru
Jika sudah memilih akun Google atau Gmail yang ingin digunakan maka kini Anda bisa mulai membuat folder. Caranya, klik ikon biru berlambang + dengan warna biru di sudut kanan bawah aplikasi.



Anda akan diberikan kotak menu berisi beberapa pilihan yang bisa dilakukan di Google Drive. Pilih ikon paling kiri yang bertuliskan folder, lalu Anda akan diminta mengisi nama folder baru yang akan dibuat.



Jika sudah, folder baru tersebut langsung terlihat di halaman awal aplikasi Google. Lakukan langkah ini setiap Anda ingin membuat folder baru.



3. Menyimpan data ke folder
Selajutnya, untuk menyimpan data ke folder Google Drive caranya tidak berbeda dengan berbagi data yang biasa Anda lakukan. Misalnya, Anda ingin membagikan foto-foto di galeri, tandai setiap foto tersebut lalu dipilihan cara berbagi cukup pilih ikon Google Drive. 



Anda tinggal mengganti folder tempat penyimpanan data -data tersebut ke folder sesuai dengan nama folder yang tadi Anda telah buat. Jadi, kini Anda akan mudah mengingat lokasi data yang Anda backup.




(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /