Tips & Trik

Mau Melengkapi Isi Blog Pakai Video YouTube? Begini Caranya

Cahyandaru Kuncorojati    •    Minggu, 19 Nov 2017 18:12 WIB
youtubetips dan trik teknologi
Mau Melengkapi Isi Blog Pakai Video YouTube? Begini Caranya
Layanan YouTube menyediakan video yang bisa dikutip untuk ditampilkan pada halaman web lain termasuk blog.

Metrotvnews.com, Jakarta: Media sosial tidak cuman dipergunakan untuk berbagi momen tapi juga untuk berbagi isi pikiran kita. Caranya bagaimana? Mudah, cukup tuliskan hal yang menurut kita menarik dan bisa dibagikan.

Biasanya kegiatan tersebut lebih dikenal dengan istilah 'ngeblog'. Saat ini ada banyak sekali layanan blog yang bisa dipergunakan secara cuma-cuma. Sebuah layanan blog biasanya menyediakan fitur untuk Anda mengunggah beragam konten seperti, video, foto, animasi GIF, dan lain-lain.

Sayang sekali jika konten Anda hanya menampilkan teks, apalagi kini sedang tren konten video. Pada layanan YouTube juga banyak sekali konten video menarik yang bisa dikutip. Sebagian dari Anda mungkin berpikir bahwa kita harus mengunduhnya terlebih dahulu padahal tidak.

Anda tidak perlu mengunduh konten video di YouTube lalu mengunggahnya ke halaman blog Anda. Caranya, Anda cukup embed video tersebut di halaman blog. Apa itu embed? Embed video adalah proses memasang sebuah video di sebuah halaman web tanpa harus mengunggahnya.

Jadi Anda cukup mengkopi susunan kode dari sebuah video yang dipergunakan pada halaman web. Jadi di setiap halaman web blog tersedia kolom khusus untuk memasukkan kode tersebut.
Berikut langkah mudah yang Metrotvnews.com sudah rangkum dan bisa langsung dilakukan lewat peramban internet atau browser di PC atau laptop Anda.

1. Buka layanan YouTube dan cari video
Pertama Anda harus membuka situs layanan YouTube untuk mencari video yang Anda inginkan. Gunakan kolom pencarian yang ada di bagian atas halaman YouTube.

2. Kopi kode embed video
Ketika Anda sudah menemukan sebuah video maka arahkan pointer ke tengah video yang berputar lalu klik kanan. Nantinya akan muncul sebuah kotak dialog berisi beberapa pilihan menu. Pilih menu bertuliskan 'copy embed code'.



Setelah Anda mengklik menu tersebut secara otomatis perangkat sudah mengingat kode embed video yang barusan dikopi. Kini Anda harus membuka halaman blog yang akan diisi dengan video tersebut. Misalnya Anda menggunakan layanan blog Tumblr.

3. Cari halaman untuk meng-embed video
Pada halaman Tumblr Anda, pilih ikon untuk membuat unggahan teks atau video. Nantinya di kolom tersebut akan muncul pilihan untuk mengunggah video dengan cara mengunggah video yang ada di perangkat atau mengambil video dari web lain. 



Pilih langkah mengunggah video dari halaman lain. Nantinya ketika Anda dialihkan ke halaman kolom yang meminta anda untuk mem-paste atau membubuhkan kode embed yang sudah dikopi sebelumnya. Jika sudah maka secara otomatis teks tersebut akan berubah menjadi video tadi.






(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.