Tips & Trik

Tips Menghindari Email Penipuan

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 10 Oct 2016 10:09 WIB
tips dan trik teknologi
Tips Menghindari Email Penipuan
Ilustrasi. (SILAS STEIN . PICTURE-ALLIANCE / DPA / AP IMAGES)

Metrotvnews.com, Jakarta: Minggu lalu, Kim Kardashian dirampok di apartemen pribadinya di Paris. Tingginya ketertarikan masyarakat akan berita tersebut membuat meningkatnya spam dan penipuan terkait Kim Kardashian hingga 2.400 persen dalam waktu 24 jam setelah berita tentang perampokan Kim Kardashian dirilis, menurut Norton. 

Saat terjadi sebuah kejadian yang menarik perhatian banyak orang, hal ini bisa dimanfaatkan oleh kriminal siber untuk memancing calon korban agar membuka lampiran dalam email spam atau mengklik tautan yang tidak aman. Tujuannya beragam, mulai dari mencari uang, mencuri informasi pribadi sampai sekadar melakukan perusakan. 

Inilah beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar tidak mudah terjebak oleh penipuan rekayasa sosial.

1. Jangan buka email sembarangan
Saat Anda mendapatkan email dari orang yang tidak dikenal, sebaiknya Anda tidak membukanya atau lampiran yang ada di dalam email tersebut.

2. Jangan mudah percaya
Saat Anda melihat sebuah berita di beranda media sosial Anda, hal itu bukan berarti itu bukan penipuan. Terkadang, korban click-jacking tidak sadar bahwa mereka telah menjadi korban.

3. Berhati-hati sebelum mengklik
Untuk mengetahui jenis situs dari sebuah tautan, Anda bisa mengarahkan kursor ke URL. Idealnya, Anda hanya mengunjungi situs yang Anda tahu dan percaya.

4. Terus waspada
Setiap Anda diminta untuk melakukan sesuatu, seperti mengisi lembar informasi atau mengunduh sebuah plug-in atau sekadar membagikan email yang Anda terima, sebaiknya Anda tidak langsung percaya. Baca konten dengan saksama sebelum melakukan tindakan tertentu.

5. Aktif melapor
Jika Anda menemukan konten atau kegiatan yang mencurigakan di media sosial, laporkan ke pihak media sosial. Jika Anda menemukannya pada email, laporkan hal itu pada penyedia layanan email.


(MMI)

Video /