Tips & Trik

Tips Menghindari Email Penipuan

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 10 Oct 2016 10:09 WIB
tips dan trik teknologi
Tips Menghindari Email Penipuan
Ilustrasi. (SILAS STEIN . PICTURE-ALLIANCE / DPA / AP IMAGES)

Metrotvnews.com, Jakarta: Minggu lalu, Kim Kardashian dirampok di apartemen pribadinya di Paris. Tingginya ketertarikan masyarakat akan berita tersebut membuat meningkatnya spam dan penipuan terkait Kim Kardashian hingga 2.400 persen dalam waktu 24 jam setelah berita tentang perampokan Kim Kardashian dirilis, menurut Norton. 

Saat terjadi sebuah kejadian yang menarik perhatian banyak orang, hal ini bisa dimanfaatkan oleh kriminal siber untuk memancing calon korban agar membuka lampiran dalam email spam atau mengklik tautan yang tidak aman. Tujuannya beragam, mulai dari mencari uang, mencuri informasi pribadi sampai sekadar melakukan perusakan. 

Inilah beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar tidak mudah terjebak oleh penipuan rekayasa sosial.

1. Jangan buka email sembarangan
Saat Anda mendapatkan email dari orang yang tidak dikenal, sebaiknya Anda tidak membukanya atau lampiran yang ada di dalam email tersebut.

2. Jangan mudah percaya
Saat Anda melihat sebuah berita di beranda media sosial Anda, hal itu bukan berarti itu bukan penipuan. Terkadang, korban click-jacking tidak sadar bahwa mereka telah menjadi korban.

3. Berhati-hati sebelum mengklik
Untuk mengetahui jenis situs dari sebuah tautan, Anda bisa mengarahkan kursor ke URL. Idealnya, Anda hanya mengunjungi situs yang Anda tahu dan percaya.

4. Terus waspada
Setiap Anda diminta untuk melakukan sesuatu, seperti mengisi lembar informasi atau mengunduh sebuah plug-in atau sekadar membagikan email yang Anda terima, sebaiknya Anda tidak langsung percaya. Baca konten dengan saksama sebelum melakukan tindakan tertentu.

5. Aktif melapor
Jika Anda menemukan konten atau kegiatan yang mencurigakan di media sosial, laporkan ke pihak media sosial. Jika Anda menemukannya pada email, laporkan hal itu pada penyedia layanan email.


(MMI)

Lenovo Thinkpad X1 Teranyar Muncul di CES 2018
CES 2018

Lenovo Thinkpad X1 Teranyar Muncul di CES 2018

1 day Ago

Lenovo perkenalkan keluarga baru ThinkPad X1 yang terdiri dari tiga jenis perangkat sekaligus d…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.