Tips & Trik

Teks di Ponsel Android Bisa Lebih Besar, Caranya?

Cahyandaru Kuncorojati    •    Rabu, 11 Oct 2017 17:40 WIB
androidtips dan trik teknologi
Teks di Ponsel Android Bisa Lebih Besar, Caranya?
Ukuran huruf atau teks pada tampilan bisa diubah sesuai dengan kenyamanan mata penggunanya.

Merotvnews.com, Jakarta: Tidak peduli sebagus apa resolusi layar yang dihadirkan oleh sebuah smartphone, setiap orang pasti memiliki pilihannya sendiri untuk ukuran teks yang nyaman di mata. 

Setidaknya, ada dua alasan pengguna smartphone mengubah ukuran teks yang tampil pada antarmuka perangkatnya. Pertama, karena ukuran layar smartphone mereka mungkin kecil, sehingga ukuran teks perlu diperkecil agar layar smartphone terasa lega. Kedua adalah pengunanya mungkin memiliki kemampuan penglihatan yang kurang baik sehingga merasa ukuran teks perlu diperbesar.

Tentu saja, ketimbang harus mengganti perangkat maka sebaiknya diakali dulu dengan mengubah ukuran teks lewat pengaturan yang tersedia pada tiap smartphone. Berikut panduan mudah yang sudah disusun oleh Metrotvnews.com.

1. Masuk ke Pengaturan atau 'setting'
Untuk melakukan perubahan pada tampilan antarmuka perangkat Anda harus masuk ke pilihan Pengaturan atau 'setting'. Ada dua cara untuk mengakses menu tersebut, pertama lewat kolom notifikasi yang ditandai ikon sekrup jika dengan menyapukan jari Anda dari bagian atas layar perangkat ke bagian bawah.



Cara kedua adalah dengan masuk ke ikon Pengaturan atau 'setting' yang ada pada halaman aplikasi di smartphone. Biasanya ikon tersebut ditaruh pada halaman kedua dari perangkat.

2.Pilih menu Tampilan atau 'display'
Segala pengaturan yang berkaitan dengan tampilan atau layar smartphone ada pada menu Tampilan atau 'display'. Tidak perlu bingung, jika Anda sudah masuk ke menu Pengaturan maka di bagian bawah biasanya langsung terlihat menu Tampilan atau 'display'.



3. Pilih Ukuran Huruf, plus Gaya Teks
Apabila langkah pertama dan kedua yang dijabarkan sudah dilakukan maka Anda akan menemukan menu bertuliskan Ukuran Huruf atau 'font size'. Di dalam menu tersebut akan muncul pilihan untuk mengatur ukuran huruf atau teks, tidak perlu menerka-nerka karena di bagian atasnya nanti ada susunan teks yang menjadi indikator ukuran teks yang Anda pilih.



Umumnya ada 4 pilihan ukuran seperti, kecil (small), normal, besar (large), dan raksasa atau yang paling besar (huge).



Tambahan, jika Anda juga merasa kurang nyaman dengan gaya huruf atau teks yang digunakan, cukup masuk ke menu Gaya Teks atau 'text style' yang ada di dalam menu Tampilan atau 'display'. Biasanya, perangkat sudah menyiapkan beberapa gaya huruf atau teks yang bisa Anda pilih atau unduh.




(MMI)