Tips & Trik

Bersihkan Facebook dari Aplikasi Pihak Ketiga, Caranya?

Cahyandaru Kuncorojati    •    Kamis, 05 Oct 2017 23:18 WIB
facebooktips dan trik teknologi
Bersihkan Facebook dari Aplikasi Pihak Ketiga, Caranya?
aplikasi Facebook

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketika Anda membuat akun di aplikasi, biasanya Anda ditawarkan pilihan untuk membuat akun baru atau menggunakan akun Facebook tanpa harus repot mengisi kolom data diri sekaligus menghafalkan sandi untuk setiap aplikasi.

Tentu saja, menggunakan akun Facebook lebih mudah. Namun, harus ada yang dipertaruhkan, yaitu privasi atau keamanan data diri Anda yang terdapat pada akun Facebook. Mengapa dipertaruhkan? karena sebetulnya aplikasi third party atau pihak ketiga tersebut menjadi memiliki akses data diri Anda.

Akses ini biasa dipergunakan oleh aplikasi tersebut untuk mengkurasi konten yang akan disuguhkan kepada Anda baik itu diinginkan atau muncul dengan sendirinya. Misalnya iklan dari aplikasi tersebut yang kerap menggangu karena muncul sendirinya atau mengganggu kegiatan Anda di smartphone saat berselancar di internet.

Masalah lainnya, pengguna kerap lupa aplikasi pihak ketiga apa saja yang sudah diakses menggunakan akun Facebook And. Metrotvnews.com telah merangkum langkah untuk menghapus akses aplikasi pihak ketika ke data diri akun Facebook Anda.

1. Akses via PC
Pertama, sangat disarankan Anda mengakses Facebook lewat layar laptop atau komputer sehingga lebih nyaman saat mencari akses ke pengaturan akun Facebook.

Pada halaman Facebook di sudut pojok kanan atas Anda akan melihat sebuah tanda panah ke bawah di samping ikon tanda tanya. Klik tanda panah tersebut sehingga muncul sebuah kolom yang berisi akses ke pengaturan layanan.




2. Masuk ke pengaturan
Setelah Anda masuk ke bagian pengaturan, Facebook akan mengalihkan ke halaman yang berisi bermacam-macam pengaturan Facebook untuk akun Anda. Pilihan untuk beragam jenis pengaturan akan disusun pada bagian kiri halaman Facebook, akan tertera pilihan App dan klik. Jika sudah, nanti Anda akan melihat aplikasi apa saja yang selama ini menggunakan akun Facebook Anda untuk akses.


3. Pilih aplikasi
Dari daftar tersebut pilihlah aplikasi yang menurut Anda tidak jelas atau sudah lama tidak diakses. Setiap ikon aplikasi dari aplikasi tersebut akan ada ikon 'X' di setiap sudutnya. Ikon tersebut merupakan pilihan untuk menutup akses aplikasi pihak ketiga ke akun dan data pribadi Facebook Anda.

Jika sudah diklik, Facebook akan menampilkan kotak dialog untuk memberitahukan bahwa pilihan Anda ini akan menutup integrasi layanan Facebook dengan aplikasi tersebut.




4. Jangan akses sembarangan
Meskipun Anda sudah menutup akses aplikasi pihak ketiga dari akun Facebook bukan berarti data pribadi Anda tidak ada yang tersisa pada aplikasi tersebut. Bisa saja Anda masih menerima email berlangganan dari aplikasi tersebut. Jika demikian biasanya pada email tersebut akan berisi pilihan untuk berhenti berlangganan email berisi update atau info lainnya dari aplikasi tersebut.

Oleh sebab itu sangat disarankan agar Anda tidak sembarangan mengakses aplikasi menggunakan akun Facebook, pilih hanya aplikasi yang benar-benar jelas. Hindari aplikasi yang tidak memiliki halaman resmi apalagi memiliki tampilan seperti asal dibuat, misalnya aplikasi kuis-kuis yang bisa menebak kepribadian Anda sebab aplikasi semacam ini adalah aplikasi yang benar-benar menelusuri data pribadi yang tersimpan di Facebook Anda.


(MMI)

Video /