Tips & Trik

Cegah Anak-Anak Sembarangan Pasang Aplikasi di Ponsel, Caranya?

Cahyandaru Kuncorojati    •    Selasa, 05 Dec 2017 16:39 WIB
tips dan trik teknologi
Cegah Anak-Anak Sembarangan Pasang Aplikasi di Ponsel, Caranya?
Saat ini sulit untuk memantau aktivitas anak-anak ketika menggunakan gadget. Anak-anak masa kini cenderung memahami cara menggunakan gadget lebih cepat.

Jakarta: Anak-anak terkadang memasang aplikasi di smartphone tanpa ketahuan orangtuanya. Sebagian orangtua mungkin memantau anaknya, tapi ada juga yang tidak sempat. Bagi Anda yang tidak sempat, sebetulnya Google telah menyematkan fitur agar anak Anda lebih aman dalam memasang aplikasi.

Fitur ini disebut parental control atau pengawasan orangtua, dengan cara membatasi aplikasi yang yang disajikan oleh katalog aplikasi Google Play Store. Play Store hanya akan menyajikan aplikasi yang sesuai dengan usia penggunanya.

Berikut ini Metrotvnews.com merangkum langkah mudah Anda mengaktifkan fitur parental control di perangkat Anda atau milik anak.

1.Cari pengaturan di Google Play Store
Pertama, buka layanan Google Play Store di aplikasi Anda. Untuk mengaktifkan fitur parental control Anda harus mengakses pengaturan layanan Play Store.



Saat Anda sudah membuka layanan Play Store, pilih ikon yang berada sudut kanan atas tampilan layanan. Nantinya akan muncul kolom menu di bagian sisi kanan layar. Geser menu tersebut ke bawah hingga menemukan menu pengaturan lalu pilih menu tersebut.



2. Cari menu pengaturan fitur parental control
Setelah Anda masuk ke menu pengaturan maka kini Anda harus mencari menu selanjutnya untuk mengaktifkan fitur parental control.



Dalam halaman pengaturan atau setting Anda cukup menggeser pilihan menu ke bagian bawah hingga menemukan pilihan menu bertuliskan parental control untuk mengaktifkannya.



3. Cara mengaktifkan fitur parental control
Fitur ini keadaannya belum aktif. Untuk mengaktifkannya Anda akan diminta memasukkan kombinasi PIN. PIN ini akan untuk mengunci fitut tersebut sehingga tidak bisa dinonaktifkan oleh si anak.



Jika sudah maka Anda bisa memilih pengaturan aplikasi dan game yang tertera di halaman parental control. Jika Anda memilih menu ini maka akan ada pilihan untuk menampilkan aplikasi sesuai kategori usia pengguna.


 


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.